Dinkes Jatim Usulkan Kabupaten/Kota Turut Lakukan Rekruitmen Dokter Spesialis

Surabaya (DOC) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur meminta agar pemerintah daerah turut berperan merekrut tenaga dokter spesialis di daerah. Ini karena, dokter spesialis kini masih terpusat di beberapa kota besar seperti Surabaya, Malang, Sidoarjo dan Gresik

“Kami berharap bupati/walikota bersedia merekrut tenaga dokter spesalis dengan membuka penerimaan pegawai negeri sipil atau sejenisnya. Melihat kebutuhan dokter spesalis yang minim menjadikan kepala daerah harus cepat melakukan perekrutan,” tutur Kadinkes Jatim, Kohar Hari Santoso.

Salah satu kendala, sambung Kohar, adalah sarana dan prasarana yang ada di rumah sakit tidak cukup memadai bahkan kekurangan. “Jika di rumah sakit ada dokter spesalisnya tapi sarana dan prasarana tidak mendukung bagaimana dokter spesalis bisa bekerja dengan baik,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat, Dinkes Jatim akan berkoordinasi dengan kepala daerah untuk menyatukan komitmen terkait perekrutan tenaga dokter spesialis. Selain itu, pihaknya mengajak semua pihak untuk mensuseskan program Nusantara Sehat dari Kemenkes. Diharapkan dengan mensukseskan program Nusantara Sehat akan dapat mengatasi masalah keterbatasan tenaga dokter spesalis di daerah terpencil.

Seperti diketahui, program Nusantara Sehat merupakan program untuk memperkuat pelayanan kesehatan primer untuk mewujudkan Indonesia Sehat melalui peningkatan jumlah, sebaran, komposisi, dan mutu tenaga kesehatan. Program Nusantara Sehat melibatkan sejumlah tenaga kesehatan seperti dokter, bidan, perawat, tenaga kefarmasian, tenaga kesehatan lingkungan, analis kesehatan, dan tenaga kesehatan masyarakat di dalam satu tim kerja. (D02)