Dishub Terapkan E-Payment Untuk Ujir Kir Wiyung dan Tandes

Surabaya,(DOC) – Dukung program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), Dinas Perhubungan (Dishub) kota Surabaya akan menerapkan e-payment di pelayanan UPTD Pengujian ‘Kir’ Kendaraan Bermotor Wiyung dan Tandes, mulai Senin(2/4/2018) hari ini.

Sebelumnya Dishub telah menerapkan e-payment untuk pembayaran parkir di kawasan Taman Bungkul.

Abdul Manaf, Kepala UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Wiyung dan Tandes, menjelaskan, terdapat 3 bank yakni  Bank Jatim, Bank Centrak Asia(BCA) dan Bank Mandiri, yang kini tengah koordinasi untuk menyiapkan alat e-payment pengujian Kir kendaraan bermotor di UPTD Wiyung dan Tandes.  Kini mereka tinggal mempelajari aplikasi e-payment yang telah di buat oleh Dishub.

“Aplikasinya sudah siap dan pihak bank yang kerjasama sudah mempelajarinya untuk menyiapkan alatnya,” paparnya,Senin(2/4/2018).

Aplikasi e-payment untuk layanan uji Kir kendaraan hampir mirip dengan aplikasi e-parkir, karena dibuat pada waktu yang hampir bersamaan. Namun pelaksanaannya menunggu alat penyedia jasa transaksi per-bankan.

Dengan e-payment uji Kir kendaraan, Manaf berharap, kebocoran pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor ini, bisa di minimalisir.

“Kita memang sudah rencanakan April 2018. Harapannya lebih efisiensi dan transparan. Nanti posisi alat e-payment dipasang dekat loket pembayaran,” pungkasnya.(rob/r7)