Disiapkan 1,8 Ha Lahan Peternakan Untuk Korban Sinabung

Kabanjahe, (DOC) – Lahan peternakan bagi warga pengungsi erupsi Gunung api Sinabung Kabupaten Karo sekitar 1,8 hektar sudah dipersiapkan. Dengan daya tampung ribuan ternak, baik dalam ukuran besar serta kecil.
Kadis Dinas Peternakan Karo Ir. Metehasa Karokaro, Selasa (18/2) mengatakan, lahan peternakan sudah disiapkan sejak zaman dahulu sebelum erupsi Gunungapi Sinabung terjadi 2013. “Daya tampung di area penitipan ternak mencapai ribuan ekor, baik ternak ukuran besar dan kecil dengan luas 1,8 hektar, tepatnya di Desa Rumah Kabanjahe. Ternak pengungsi mampu bertahan 65 minggu,” ungkap Matehasa.
Matehasa mengungkapkan, ternak besar mampu ditampung sekira 1.000 ekor, seperti sapi dan kerbau. Sementara untuk ternak kecil mencapai 500 ekor. Berupa makanan baik rumput serta dedak sudah siap saji mencapai 22.500 kg.
“Kemarin sempat sekitar 50 ekor ternak pengungsi dititipkan warga di areal tersebut. Namun, kini hanya tinggal 20 ekor lagi,” ujarnya. Diungkapkan, bagi para pengungsi baik dalam radius 5 km, serta di luar sekitar 8 km tepatnya, sah-sah saja untuk menitipkan ternaknya, dengan terlebih dahulu menghubungi Dinas Peternakan untuk didata sesuai ternak yang dimiliki warga. (bs/r4)