Dispora Gelar Pormaskot Untuk Melatih Mental dan Sportivitas Kawula Muda

foto : ilustrasi cabang-cabang olahraga Pormaskot

Surabaya,(DOC) – Minggu depan tepatnya pada tanggal 23-29 Oktober 2017, Dinas kepemudaan dan Olahraga (Dispora) menyelenggarakan Pekan Olahraga Masyarakat Kota (PORMASKOT). Event olahraga ini, khusus diperuntukkan bagi warga Surabaya yang ber-KTP atau Kartu Keluarga atas nama tim kecamatan yang menjadi warga di kelurahan wilayah kecamatan tersebut.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Afghani Wardhana mengatakan, PORMASKOT surabaya ini memiliki peran yang cukup penting. Sebab, dengan berolahraga akan mampu membentuk kepribadian yang sportif serta mampu dijadikan sebagai alat untuk saling mengenal dan tukar-menukar informasi sehingga mampu menambah wawasan kepada semua pihak yang berperan di dalamnya.

“Selain itu, event PORMASKOT dinilai mampu memupuk dan meningkatkan rasa persatuan, persahabatan dan persaudaraan antar warga Kota Surabaya, meningkatkan minat berolahraga bagi masyarakat Kota Surabaya guna meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani, kreativitas, kesegaran jasmani, disiplin dan sportivitas untuk lebih berprestasi serta memberi kesempatan bagi warga surabaya untuk mengembangkan olahraga bagi masyarakat di kota lain,” terang Afghani saat menggelar jumpa pers di Kantor Bagian Humas Pemkot Surabaya, Jum’at (20/10/2017).

Disampaikan Afghani, event tahunan ini diikuti 124 peserta se-kecamatan surabaya yang di dalamnya terdiri dari kelurahan, RT dan RW. Sedangkan untuk cabang olahraga (cabor) yang diikutsertakan, Afgani menuturkan, ada 8 cabang olahraga diantaranya, Atletik, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Tenis Lapangan, Bola Voli, Sepak Bola, Catur dan Futsal. “Khusus untuk cabor futsal dihuni anak-anak usia 12 tahun,” imbuhnya.

Nantinya, lanjut Afghani, peserta yang berhasil memperebutkan juara I, II, III dan harapan pada masing-masing cabor akan mendapat uang pembinaan dan sertifikat. “Untuk nomor perorangan juara I mendapat Rp 1 juta, juara II Rp 800 ribu, juara III Rp 600 ribu dan juara harapan mendapat Rp 400 ribu. Sedangkan untuk nomor beregu (bulutangkis, tenis meja tenis lapangan dan catur), juara I Rp 5 juta, juara II Rp 3 juta, juara III Rp 2 juta dan juara harapan mendapat Rp 1.500.000. sedangkan untuk nomor beregu (sepak bola, futsal dan bola voli) juara I mendapat Rp 10 juta, juara II Rp 7.500.000, juara III Rp 5 juta dan juara harapan mendapat Rp 3 juta,” urainya.

Adapun tata cara pendaftaran event PORMASKOT yakni melengkapi administrasi berupa data atlit lengkap (sesuai formulir pendaftaran), foto berwarna terbaru ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar dan foto copy KTP dan Kartu Keluarga (KK). “Khusus dokumen asli (KTP dan KK) harap dibawa saat pertandingan dan jika tidak membawa persyaratan tersebut tidak diperkenankan mengikuti pertandingan,” tegasnya.

Sementara untuk persiapan dan tempat pertandingan dari masing-masing cabor, Afghani mengatakan semuanya sudah siap. Sedangkan untuk lokasi pertandingan akan ditentukan pada saat pertemuan teknik. “Pertemuan teknik dilangsungkan hari ini, Jum’at 20 Oktober 2017 di SDN Ketabang Seruni No 6 surabaya dengan mengirim 1 orang utusan disetiap cabornya,” ujar mantan Kepala Sekwan DPRD surabaya itu.(hm/r7)