Distribusi Logistik Pilgub Jatim Masih Belum Final

Tidak ada komentar 187 views

Surabaya,(DOC) – Pelaksanaan pemilihan calon gubernur (Pilgub) Jawa Timur kurang enam hari lagi, namum distribusi logistik atau perangkat pemilihan hingga sekarang belum disalurkan secara merata. Hingga hari ini, Jumat (23/08/2013), KPUD Kota Surabaya hanya menerima suara suara saja, padahal pendistribusi logistik direncanakan akan disalurkan ke kecamatan hari ini.
Komisaris KPUD Surabaya Eko Walujo Swardijono membenarkan jika KPUD Jawa Timur dalam pemilihan Gubernur Jatim yang akan dilakukan pada tanggal 29-08-2013 belum mendsitribusikan semua perlengkapan alat praga pemilihan.
“ Hanya surat suara yang baru kita terima dan sekarang masih kita soter dan kemungkinan besar yang surat suara yang mengalami kerusakan 10200 lembar, “ kata Eko Walujo Swardijono. Jumat (23/8/2013).
Namun lebih lanjut pria yang murah senyum ini menuturkan dengan adanya kerusakan tersebut pihaknya sudah mengirimkan surat ke KPUD Jawa Timur supaya segera digantikan karena akan dilakukan proses pendistribusian ditingkat kecamatan hingga Tempat Pemungutan Suara (TPS). Selain adanya surat suara yang rusak kata Eko, masaih ada beberapa alat praga pencoblosan yang hingga sekarang belum dikirim ke KPUD Surabaya yakni. Alas dan alat coblos, segel kota suara dan yang terakhir stiker pasangan calon gubernur yang dipasangkan ditiap-tiap TPS.
“ Jika perlengkapan alat praga pemilihan tidak segera dikirim oleh KPUD Jatim ditakutkan akan mengganggu pendistribusian di 4992 TPS dari 31 kecamatan yang berada di Surabaya,” tegasnya.
Jika logistik Pilgub semua sudah terkumpul di KPUD Kota Surabaya rencananya akan melakukan pendistribusian keseluruh kecamatan di surabaya selama dua hari mulai hari ini tanggal 24- 25 Agustus 2013 yang dikawal oleh pihak kepolisian langsung. Namun dengan adanya beberapa logistik pilgub yang belum diterima oleh KPUD Surabaya tentunya akan memperhambat pendistribusian logistik ketingkat kecamatan yang kemudian diteruskan ketingkat keluraan serta TPS.
“ Ya untuk mengatasi supaya pendistribusian tidak terganggu kita mengantisipasinya dengan mengirimkan logistik seadanya dulu sambil menunggu kiriman logistik lainnya,” ujarnya. Sembari menjelaskan kalau sekarang yang sudah siap hanya surat suara yang siap, “ Ya kita akan mendistribuskan surat suara dulu dengan total kebutuhan surat suara sesuai dengan daftar pemilih perubahan sebesar 2.066.733 yang hari ini mulai jam 9 pagi akan kita kirim jika penyotiran sudah selesai,” tegasnya.
Eko juga menegaskan pihak sudah melakukan beberapa langkah supaya pendistribusian berjalan sesuai dengan rencana yakni kurang satu hari pemilihan logistik pemilihan harus sudah sampai ditingkat kantor keluaran maupun di TPS.
“ Kita sudah mengirimkan surat ke KPUD Jatim namun hingga sekarang belum ada tanggapan,” pungkasnya. (bd/r7)