Dita Indah Sari : Tarik Dubes RI di Malaysia..!

Tidak ada komentar 501 views

Jakarta (DOC) – Pemerintah Indonesia secara resmi mengutuk tindakan tiga anggota Polis Diraja Malaysia yang memerkosa tenaga kerja Indonesia (TKI). Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Michael Tene mengatakan, Indonesia sudah mengirim nota kecaman ke Malaysia. Nota kecaman serupa juga sudah masuk ke meja Duta Besar Malaysia di Indonesia.

“Seharusnya polisi Malaysia mampu melindungi masyarakatnya dan warga Indonesia, itu tindakan biadab” katanya Tene.

Dia menegaskan, Pemerintah Indonesia ingin ada hukuman maksimal bagi ketiga polisi pemerkosa. Kemenlu sudah memerintahkan Kedutaan Besar RI di Malaysia dan Konsulat Jenderal RI untuk mengawasi betul kasus ini.

Sementara Menteri Negara Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar menjelaskan, pihaknya juga sudah mengajukan nota protes kepada Pemerintah Malaysia. Kasus yang menimpa TKI tersebut harus dilihat sebagai kasus kriminal murni, bukan kasus ketenagakerjaan. Ia juga meminta ketiga pelaku dihukum berat. Staf Khusus Menakertrans, Dita Indah Sari, mengusulkan agar Kemenlu menarik sementara Dubes RI di Kuala Lumpur. Aksi ini sebagai bentuk protes keras Indonesia kepada Malaysia dalam kasus perkosaan.

Sebelumnya, seorang TKI asal Batang, Jawa Tengah diperkosa tiga personel Polisi Diraja Malaysia di kantor polisi di Bukit Mertajam, Penang. Sebelumnya dia terjaring razia taksi di kawasan Perai, Bukit Mertajam. Ia tak bisa menunjukkan paspor asli dalam razia itu. Ia lalu dibawa ke kantor polisi tempat perkosaan terjadi. Ketiga polisi yang melakukan tindakan biadab tersebut masing-masing Nik Sin Matlazim (33), Syahiran Ramli (21), dan Remy Anak Dana (25).(rol/r3)