Ditahan Polisi, Truck Pengangkut Pasir Diduga Tak Kantongi Izin

foto : truk pengangkut pasir

Lumajang,(DOC) – Satu truk pengakut pasir yang diduga tak mengantongi surat ijin berhasil diamankan Satreskrim Polres Lumajang.

Pasalnya, satu kendaraan kendaraan tersebut diketahui mengangkut pasir tanpa disertai dengan surat izin dari pihak yang berwenang saat melintas di jalan raya Desa Condro, Kecamatan Pasirian.

Kasat Reskrim Polres Lumajang Kasat Reskrim Polres Lumajang AKP Roy A. Prawirosastro mengatakan, Saat petugas melakukan patroli, mencurigai kemudian menghentikan 1 unit truk yang sedang mengangkut muatan pasir, setelah dicek, sopir tidak dapat menunjukan bukti pembelian pasir.

“Dan dia mengakui bahwa dirinya membeli dari penambang tanpa ijin,”ujarnya. Selasa (14/11/2017).

Kasat Reskrim menjelaskan, Pelaku diamankan sehubungan dengan mengangkut pasir diduga dari hasil kegiatan penambangan tanpa ijin dari aliran Sungai Jugosari Kecamatan Candipuro.

“Saat ini sopir truk Hino nopol N-9124 UH yakni Khaeruman warga Desa Waleran, Kecamatan Grabakan, Kabupaten Tuban sudah diamankan dan menjalankan pemeriksaan,”lanjut dia.

Kasat Reskrim AKP Roy A. Prawirosastro mengimbau kepada pelaku penambangan agar mengurus ijin resmi dari dinas terkait sebelum melakukan usaha. Para pelaku penambangan akan dijerat dengan undang-undang nomor 4 tahun 2009 tentang Minerba dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.(mam/r7).