Donor Darah, Wujud Kedekatan TNI-Rakyat

Tidak ada komentar 164 views

Surabaya, (DOC) – Peringatan ke-69 Hari TNI Tahun 2014 benar-benar menjadi momentum positif yang dimanfaatkan oleh Lembaga Pemasyarakatan Militer (Lemasmil/Lapas Militer) Surabaya yang berlokasi di Sidoarjo, untuk memberikan wujud dan tindakan nyata bahwa TNI menyatu bersama rakyat serta turut menggugah kepedulian terhadap sesama.
Berkaitan dengan hal tersebut Lemasmil Surabaya melaksanakan kegiatan donor darah sebagai wujud kepedulian Prajurit TNI, guna bersama-sama seluruh warga masyarakat agar memiliki kesadaran, rasa simpati dan empati terhadap sesama yang sedang membutuhkan pertolongan dan bantuan dalam bentuk sumbangan darah karena setetes darah bisa menyelamatkan jiwa sesama.
Kegiatan donor darah dilaksanakan pada hari Jumat (26/09/2014) di lapangan upacara yang berada di dalam area perkantoran dan area pembinaan Narapidana Militer. Diikuti oleh seluruh anggota Lemasmil baik prajurit maupun PNS, Ibu-Ibu IKKT (Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI) serta 60 Narapidana Militer. Kegiatan donor darah ini merupakan kerjasama Lemasmil dengan komunitas Forum Pimpinan Kec. Wonoayu di bawah Pimpinan Camat Wonoayu Ibu Prati Kusdiyani yang merasa terpanggil untuk turut serta dalam kegiatan donor darah memperingati Hari TNI ke-69 Tahun 2014.
Masyarakat Kec. Wonoayu yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini berjumlah sekitar 200 orang terdiri dari para Kepala Desa dan Sekretaris Desa beserta staf, para Kepala Seksi Kedinasan beserta staf dan para Kepala Sekolah dan Guru SD, SMP, SMA se-Kecamatan Wonoayu. Tak lupa Koramil-13/Wonoayu Kodim 0816/Sidoarjo dan Polsek Wonoayu juga ikut berpartisipasi.
Sebelum melaksanakan donor darah, peserta terlebih dahulu melaksanakan senam pagi bersama, yang merupakan kegiatan rutin hari Jumat bagi seluruh anggota Forum Pimpinan Kec. Wonoayu. Senam pagi yang biasa dipimpin oleh instruktur senam kali ini tampak lain karena dipimpin oleh salah satu Napi Militer. Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi tentang proses dan manfaat donor darah serta proses penggunaan darah yang telah disumbangkan oleh Bapak Yusni Adi Wiyanto,SE Kasi Humas Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kab. Sidoarjo. Sebagai informasi bahwa kegiatan donor darah bisa dilakukan secara rutin setiap 3 bulan sekali. Bahkan dari data yang terkumpul ada pendonor yang sudah melakukan donor darah sampai dengan 63 kali dan kebetulan yang bersangkutan adalah anggota Masmil Surabaya.
Kamasmil Surabaya Letkol Chk Timbul Wahyudi, SH, MAP. dalam penjelasannya mengatakan bahwa acara kegiatan Donor Darah TNI bersama Rakyat ini dilaksanakan secara terpisah dari pelaksanaan donor darah TNI dan Polri serta Ormas sekota Surabaya pada tanggal 2 September 2014 yang lalu atau sewilayah Kodam V/Brawiyaya yang secara serentak oleh Panitia Peringatan ke-69 Hari TNI dipusatkan di RSAL Dr. Ramelan.
Lebih lanjut, Kepala Lemasmil menerangkan dikarenakan para Napi TNI juga masih berstatus sebagai Prajurit TNI aktif, maka mereka juga berhak untuk ikut serta menyumbangkan darahnya, namun tempat pelaksanaannya di intern Lemasmil Surabaya. Hal ini, juga sebagai tindak lanjut dari hasil pelaksanaan tes urine yang telah dilakukan oleh BNN Kab. Sidoarjo pada tanggal 10 September 2014 terhadap para Napi TNI semuanya negatif.
Sambil menunggu giliran antrian donor darah, para peserta bisa melihat hasil kerajinan tangan Napi Militer dari daur ulang barang bekas menjadi rangkaian lampu hias, tempat tisu, lampu meja dan merangkai biji buah pelung menjadi tasbih yang menarik dan bagi pengunjung yang berminat bisa membawanya secara gratis disamping adanya hiburan musik dari para Napi Militer.
Hadir dalam kegiatan ini Kaotmilti III Surabaya Kolonel Laut (KH) Sarwoko, S.H. selaku Ketua Badan Yustisi TNI di wilayah Jawa Timur jajaran Babinkum TNI. (dam/r4)