DPRD Surabaya Jajaki Kerjasama dengan Hungaria, Gelar Seminar dan Launching Buku Go Hungary Go Surabaya

foto : penandatangan buku GO Hungaria, Go Indonesia antara Ketua DPRD kota Surabaya dan perwakilan pemerintah Hungaria

Surabaya,(DOC) – Rencana kerjasama Pemerintah Hungaria dengan Surabaya semakin dimatangkan. Untuk mengerucutkan upaya tersebut DPRD Surabaya melaksanakan seminar dan launching buku Go Hungary Go Surabaya di gedung DPRD Surabaya, Senin(19/3/2018).

Hadir dalam kegiatan tersebut Director Bussines and Innovation Center Budhapest Bussines School Tamas Novack, Penasehat Pendidikan The Central Bank Hungary Szilard Boros, Rektor Universitas Narotama Iswachyu Dhaniarti, Ketua DPRD Surabaya Armuji beserta sejumlah anggota DPRD Surabaya.

Director Bussines and Innovation Center Budhapest Bussines School Tamas Novack mengatakan, ada sejumlah kecocokan antara Hungaria dan Surabaya. Hal tersebut dapat dikemas dalam sejumlah kerjasama yang saling menguntungkan. “Dalam bukuGo Hungary Go Surabaya juga dijelaskan tentang karateristik masing-masing wilayah,” katanya.

Dia mengungkapkan, komunikasi yang sudah dilakukan selama ini juga terdapat singkonisasi. Salah satunya menjajaki terkait kerjasama di bidang maritime yang secara geografis sama. “Kami menganggap Surabaya sebagai salah satu kota yang berpengaruh di Indoensia,” terangnya.

foto : pertemuan perwakilan pemerintah Hungaria dengan para pimpinan DPRD kota Surabaya, di ruang kerja Ketua DPRD, Ir. Armudji

Ketua DPRD Surabaya Armuji mengatakan, kerjasama antara Hungaria dan Surabaya memang dalam tahap dimatangkan. Dalam buku Go Hungary Go Surabaya kesatu dan kedua juga dijelaskan tentang gambaran singkat terkait karateristik Indonesia dan Surabaya secara khusus. Buku tersebut juga mengorek tentang pertumbuhan ekonomi dari sejumlah pemerintahan Soekarno hingga sekarang. “Karena itu melalui buku buku Go Hungary Go Surabaya kita akan mulai kerjasama itu,” terangnya.

Dia mengungkapkan, nantinya kerjasama dengan Hungaria berupa sister city. Saat ini sejumlah aspek kerjasama semakin dimatangkan melalui komunikasi yang intens. “Kerjsama itu bisa di bidang maritime dan teknologi informasi yang menjadi andalan Negara di Eropa tersebut,” jelasnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menegaskan, nantinya dengan kerjasama yang tepat maka akan diperoleh keuntungan dari masing-masing wilayah. Saat ini proses pertukaran pelajar sudah dilakukan sebagai bentuk awal kerjasama. “Hungaria secara geografis sama dengan Surabaya karena itu akan lebih mudah dalam kerjasama jangka panjang,” terangnya.(av/r7)