DUA BACALON IKUTI TAHAPAN TES KESEHATAN DI RSUD DR SOETOMO SURABAYA

Bacalon Gubernur Jatim, Khofifah Indarparawansa Memberikan Keterangan Usai Mengikuti Tes Kesehatan

Surabaya, kpujatim.go.id– Dua Bakal Pasangan Calon (Bacalon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), menjalani tahapan tes kesehatan di Graha Amerta RSUD dr Soetomo Surabaya, Rabu (11/01). Tes kesehatan yang harus dijalani oleh Bacalon, berlangsung selama dua hari.

Adapun kedua Bacalon yang ikut tes kesehatan, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno. Kedua Bacalon memasuk ruang tes sekitar pukul 07.30 Wib dan baru keluar ruangan tes secara bergantian, hingga sekitar pukul 13.00 Wib.

Pertama kali yang keluar ruang tes adalah Bacalon Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Ditemui usai tes kesehatan, dia menyatakan memang butuh waktu yang cukup lama untuk menjalani tes di hari pertama yakni psikiatri. Tapi, dia mengaku bisa menjalani semua tes psikiatri dengan lancar.

“Tesnya berupa wawancara dan tulis. Waktunya lumayan lama, tapi semua kami jalani dengan lancar,” ujarnya.

Bacalon Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf Setelah Menjalani Tes Kesehatan

Hal yang sama dikatakan oleh Bacalon Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf. Menurutnya semua yang dijalani dengan mengikuti tes psikiatri tidak ada hal yang baru, sudah biasa dan tes masih sama. Pria yang akrab dipanggil Gus Ipul tersebut, mengaku tidak ada kendala dalam mengikuti tes psikiatri.

“Sudah biasa tesnya, tidak ada yang baru dan semua bisa dijalani. Tidak ada kendala dalam tes hari ini,” ungkapnya.

Perlu diketahui, rencana kegiatan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di Graha Amerta RSUD dr Soetomo Surabaya akan berlangsung 11 – 12 Januari 2018. Tes kesehatan sendiri dibagi ke dalam dua kelompok, yakni Kelompok A meliputi Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Magetan, Kabupaten Madiun dan Kota Madiun.

Sedangkan untuk Pilgub Jatim yang dilaksanakn oleh KPU Jatim masuk dalam kelompok B bersama dengan Kota Mojokerto, Kabupaten Probolinggo dan Kota Kediri. Adapun pemeriksaan kesehatan selama dua hari, terdiri dari pemeriksaan medis, psikologi dan psikiatri.

“Pemeriksaan medis dan psikologis untuk Bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, akan dilakukan Jum’at (12/01). Seluruh Bacalon diwajibkan puasa sehari sebelum tes,” ujar Wakil Direktur RSUD dr Soetomo, Dr Joni Wahyuhadi, dr.,Sp.BS, beberapa waktu lalu.

(MC – TUNG/ANY/BAY)

KPU Jatim