DUA BACALON RESMI DAFTAR KE KPU JATIM: 100 KURSI PARLEMEN HABIS UNTUK SYARAT DUKUNGAN

Divisi Teknis KPU Jawa Timur, Muhammad Arbayanto

Surabaya, kpujatim.go.id- Dukungan dari partai politik (parpol) parlemen tidak tersisa, semua terpakai sebagai partai pengusung dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) 2018. Dukungan dari partai yang punya kursi di DPRD Jatim, terbagi pada dua Bakal Pasangan Calon (Bacalon) yang sudah mendaftarkan diri.

Demikian dikatakan oleh Divisi Teknis KPU Jatim, Muhammad Arbayanto, dalam media gathering pendaftaran bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, di aula lantai 2 KPU Jatim, Kamis (11/01).

Pria yang akrab dipanggil Arba ini menjelaskan, partai parlemen sudah menyampaikan dukungan terhadap dua Bacalon yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak, yang mendaftarkan diri ke KPU Jatim, Rabu (10/11) siang, serta Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno yang mendaftarkan diri Rabu (10/11).

Untuk pasangan Khofifah-Emil mendapat dukungan setara 42 kursi DPRD Provinsi Jatim, dengan rincian dukungan dari Partai Demokrat (13 kursi), Golkar (11 kursi), PAN (7 kursi), PPP (5 kursi), Nasdem (4 kursi) dan Hanura (2 kursi).

Sementara untuk pasangan yang akrab dipanggil Gus Ipul – Puti, diusung oleh PKB (20 kursi), PDIP (19 kursi), Gerindra (13 kursi) dan PKS (6 kursi). Total secara kesuluruhan dukungan sebanyak 58 kursi.

“Total sebanyak 100 kursi DPRD Jatim sudah terpakai semua, menyerahkan dukungan kepada dua Bacalon yang sudah mendaftarkan diri di hari terakhir kemarin,” ujar Arba.

Dia menambahkan, selanjutnya kedua Bacalon selama dua hari ke depan yakni 11 – 12 Januari 2017 menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD dr Soetomo Surabaya. Selama dua hari, seluruh Bacalon akan menjalani pemeriksaan medis, psikologis, psikiatri dan tes urin untuk kebutuhan bebas narkoba.

“Untuk tes kesehatan sudah berlangsung hari ini. Selama dua hari Bacalon harus menjalani seluruh prosesi tes kesehatan yang sudah dijadwal oleh pihak rumah sakit,” pungkasnya.

(MC – LNC/BIB/BAY)

KPU Jatim