Dua Penyakit Diderita Ria Irawan

Tidak ada komentar 511 views

Jakarta, (DOC) – Lama tak terdengar kabarnya, rupanya artis Ria Irawan sedang dirundung duka. Ditemui di Rumah Sakit (RS) Fatmawati, Jakarta Selatan pada Kamis (13/11/2014), Ria mengatakan dirinya baru saja mengangkat rahimnya melalui proses operasi. Artis asli Jakarta, 45 tahun ini ternyata mengalami penebalan dinding rahim.
Ia pun sempat tak percaya bisa mengidap penyakit berbahaya itu.
“Dari 2009 ke 2014 awalnya hanya penyakit rahim biasa seperti penebalan dinding rahim dan mium. Tapi itu disimpan dulu, karena saat itu nggak bisa terima kenyataan dan nggak berani pakai medis,” ujar Ria.
Namun seiring waktu, Ria akhirnya mencoba pasrah dan ikhlas menerima penyakit tersebut dan berani menjalani serangkaian operasi.
“Sampai akhirnya memutuskan operasi angkat rahim, karena gue nggak mau lewatin proses biopsi juga untuk melihat sudah sampai stadium berapa,” kata putri aktris senior Ade Irawan ini.
Penderitaannya pun bertambah, karena penebalan dinding rahim yang dialami Ria rupanya makin parah.
“Saat saya berada di ruang operasi untuk angkat rahim, tapi pas diangkat ternyata sudah sampai ke indung telur. Akhirnya dari rencana operasi empat jam jadi enam jam, karena langsung ambil indung telur,” ungkap Ria.
Tak cukup sampai di situ, Ria juga divonis dokter yang menanganinya terkena kanker kelenjar getah bening stadium 3. Vonis itu ia terima setelah beberapa hari dirinya menjalani operasi, tepatnya setelah ia menjalani kemoterapi pertamanya di RS tersebut.
“Seminggu setelah operasi, keluarga nafsu nih ikut buat ketemu dokter sekalian angkat perban, dokternya belum dapat laporan patologinya. Tapi pas 16 oktober 2014 datang lagi, belum juga pantatnya sampai di kursi dokter, eh sudah dikasih tahu kalau positif kanker kelenjar getah bening dan sudah nyebar kankernya,” papar Ria.
Ria kembali kaget dengan vonis tersebut. Ia mengaku harus menuruti saran sang dokter, untuk menjalani kemoterapi. Sebab, kanker yang diderita Ria sudah masuk ke stadium 3.
“Gue kena stadium 3. Setahu gue stadium 1, 2, 3, 4. Saat 1 di leher rahim, terus naik. Nah stadium 4 itu sudah menjalar ke mana-mana. Kalau gue nggak mau pakai kemoterapi, gue tanya, akibatnya apa saja? Katanya akan ke otak, tulang, liver, dan paru-paru,” urai Ria. (co/r4)