Ekonomi Indonesia Diprediksi Ranking Empat Dunia

Pontianak (DOC) – Staf ahli Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) bidang infrastruktur, Hari Purwanto memprediksi ekonomi Indonesia akan berada pada posisi ranking empat dunia tahun 2035. Ini didukung dengan bonus demografi yang diterima Indonesia. Selain itu, kata Hadi, dipicu oleh adanya ekonomi digital yang berkembang pesat.

“Sebuah studi menyebutkan ekonomi Indonesia akan berada di empat besar dunia. Nomor satu dikuasai Tiongkok, kemudian India, dan Amerika,” kata Hari saat membuka Expo KMI ke-8 di Pontianak, Kamis (23/11).

Walaupun diuntungkan dengan bonus demografi, kata dia, tidak akan ada artinya bila lebih didominasi pengangguran. Karena itu perguruan tinggi harus membuat berbagai inovasi untuk menciptakan dunia usaha.

“Even expo KMI ini menciptakan bisnis startup. Siapa yang menyangka pembuat GoJek adalah anak muda. Kalau anak muda inovatif seperti itu makin banyak, ramalan kalau Indonesia masuk 4 besar bukan sekadar mimpi,” bebernya.

Dia kembali mengingatkan pimpinan perguruan tinggi untuk terus berinovasi dalam proses belajar mengajar. Mahasiswa harus diajarkan bagaimana berusaha/wirausaha ketimbang menjadi pekerja.(jpn/d02)