Elemen Muda PDI Perjuangan Bermain di Pilgub Jatim

Surabaya, (DOC) – Elemen pemuda PDI Perjuangan Jawa Timur mengusulkan Drs H Sirmadji – Drs Bambang DH sebagai pasangan cagub-cawagub dalam Pemilihan Gubernur Jatim 2013. Duet Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur dengan Wakil Wali Kota Surabaya itu diyakini mampu mewujudkan Jawa Timur Baru yang lebih baik, lebih adil dan lebih pro-rakyat.

Menurut Ketua Departemen Pemuda DPD PDIP Jatim, Aven Januar, kedua tokoh tersebut dinilai sangat layak memimpin Jawa Timur. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, yang diyakini mampu saling menutupi dan bekerjasama dengan baik.

“Pak Sirmadji dengan kepemimpinan dua periode selaku ketua PDIP Jatim akan mampu menggerakkan mesin partai secara optimal yang sudah dikenal solid. Sedangkan Bambang DH sendiri memiliki modal sosial yang kuat di luar partai, sehuingga keduanya akan saling melengkapi,” kata Aven, Selasa (18/12/2012).

Selain itu, tambah Aven, keduanya merupakan kader ideologis partai, yang secara konsisten melakukan kerja-kerja riil politik yang mengupayakan kesejahteraan rakyat. “Semangat pasangan Sirmadji-Bambang DH adalah mampu mewujudkan Jawa Timur Baru yang lebih baik, lebih adil dan lebih pro rakyat, mendaya upayakan seluruh potensi Jatim setinggi-tingginya untuk kemakmuran masyarakat Jatim,” jelas mantan aktivis reformasi 98 ini.

Sirmadji, tambah dia, juga sebagai representasi kalangan ‘hijau’, yang memang mayoritas di Jawa Timur. Sebab, Sirmadji pada Minggu (16/12) lalu resmi dilantik menjadi salah satu pengurus Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jatim.

“Sudah banyak masyarakat Jatim khususnya warga NU yang bisa menerima Sirmadji. Selain itu NU selaku entitas moral juga menjunjung tinggi semangat keterbukaan khususnya soal umaro atau kepemimpinan birokrasinya,” papar Aven.

Soal munculnya dua tokoh NU yang mengemuka di bursa kandidat cagub lewat PDIP, yakni Saifullah Yusuf dan Khofifah Indar Parawansa, Aven tidak mengelak. Hanya, dia masih meragukan keduanya.

Gus Ipul dan Khofifah, jelas Aven, memang tokoh yang populer tapi dia meragukan kemampuan keduanya dalam mengartikulasikan kepentingan basis massa PDIP. “Keduanya hanya melakukan pendekatan dengan elit partai, tanpa secara serius membangun komunikasi dengan basis massa PDIP,” ujarnya.

Secara teknis, lanjut Aven Januar, sekitar 250.000 kader muda PDIP se-Jatim akan melakukan gerakan door to door sejak awal Januari 2013 hingga satu bulan jelang pemilihan. “Hingga akhir Desember ini, tahapannya konsolidasi per kota atau kabupaten. Nantinya 250.000 kader siap sosialisasikan pasangan Sirmadji – Bambang DH,” pungkas Aven. (r4)