Emak-emak Demo Turunkan Harga Sembako di Depan Istana Negara

Jakarta (DOC) – Istana Negara di Jakarta Pusat digeruduk emak-emak yang menggelar aksi demonstrasi menuntut penurunan harga Sembako (sembilan bahan pokok), Rabu (18/7/2018). Dalam aksi ini, massa emak-emak mempersenjatai diri dengan peralatan dapur.

Massa emak-emak mulai berkumpul di seberang Istana Negara, tepatnya di Taman Pandang, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat sejak pukul 09.00 WIB. Sambil membawa peralatan dapur berupa penggorengan serta tulisan-tulisan tuntutan, emak-emak ini meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menurunkan harga sembako.

“Aksinya dari kita emak-emak karena emak-emak merasa sekarang ini keadaan ekonomi sangat-sangat menderita, semua pada naik apa karena BBM pada naik atau semuanya pada naik kita nggak ngerti,” kata Korlap aksi, Fifi Nurwanto.

Fifi mengatakan, estimasi massa yang akan menggelar aksi berjumlah 200 orang. Emak-emak itu sebagian besar dikatakannya berasal dari Jakarta dan memang pekerjaannya sebagai ibu rumah tangga.

“Emak-emak yang ngerasa karena sekarang telur naik. Telur naik apa masalahnya, nah ini dari 21 ribu sekarang 35 ribu dan bahkan emak-emak saking mahalnya beli telur yang pecah. Kalau pecah kan kumannya banyak, banyak penyakit,” imbuhnya.

“(Tuntutannya) minta diturunkan (harga) gas, bensin, telur, beras, sembako pokoknya urusan dapur,” kata Fifi.(dtc/ziz)

Tag: