Emas Batangan Diminati Masyarakat

Tidak ada komentar 94 views

Surabaya, (DOC) – Meningkatnya minat masyarakat berinvestasi emas, membuat optimis PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah XII Surabaya, akan naiknya penjualan logam mulia pada 2013.
“Tren tersebut terlihat mulai tahun 2011. Meski harga emas saat itu sedang tinggi, kinerja penjualan emas lantakan bisa mencapai Rp111,903 miliar,” kata Kepala Humas Pegadaian Kantor Wilayah XII Surabaya, Adi Arijantoko, saat ditemui diruanganya,Sabtu(11/01/2013).
Menurut Adi, besarnya permintaan pasar logam mulia pada tahun 2011 lalu, didukung oleh kondisi perekonomian nasional yang menunjukkan performa baik.”Situasi tersebut sangat menguntungkan khususnya bagi penjualan emas,” ujarnya.
Masih menurut Adi, secara nasional penjualan emas sebagai alat investasi juga ditunjang oleh banyaknya pelaku perbankan syariah yang menjual emas.”Akibatnya, pada tahun 2011 banyak investor yang menanamkan modalnya melalui emas. Faktor lainnya yakni pamor instrumen investasi non-emas semakin turun,” katanya.
Khusus tahun 2013, target penjualan emas diperkirakan bisa meningkat 25 persen dibanding penjualan emas tahun 2012 lalu, yang mencapai Rp79,712 miliar.”Keyakinan ini, juga dipicu kondisi harga emas dunia yang meningkat sekarang, sehingga permintaan masyarakat internasional terhadap emas ikut naik. Salah satunya di China,” Lanjut Adi.
Pihaknya juga menyatakan, kondisi yang kian membaik ini, bisa berbalik jika harga emas mengalami fluktuasi yang levelnya biasa. Menurut dia, Jika situasi tersebut terjadi, maka permintaan akan menurun. Namun meski begitu, akibat situasi buruk itu, penjualan emas di wilayah kerjanya tidak akan berpengaruh banyak. Mengingat dirinya juga menjual emas lantakan dengan berat antara 10-50 gram, yang paling diminati masyarakat.”Tapi di gerai kami tersedia logam mulia dengan berat mulai lima gram hingga satu kilogram,” katanya.
Di sisi lain, ia menyatakan, kinerja penjualan emas pada tahun 2012 turun dibanding tahun sebelumnya. Penyebabnya adalah, pemberlakuan kebijakan tentang pembatasan penjualan emas di bank syariah.”Selain itu, disebabkan harga emas tahun 2012 kian meningkat menjadi Rp514.000 per-gram dibandingkan selama tahun 2011 hanya di posisi Rp400.000 per-gram. Kenaikan harga itu juga dipublikasikan media massa sehingga menurunkan animo pasar Indonesia untuk membeli emas,” jelas dia. (Dani/R7)