Embung Banyukuwung Meluap, 4 Desa di Rembang Kebanjiran

Rembang (DOC) – Banjir kembali melanda wilayah Rembang, Jawa Tengah. Sedikitnya 4 desa terendam. Keempat desa yang terendam itu berada di Kecamatan Kaliori. Yakni, Desa Kuangsan, Banggi Petak, Pengkol, dan Babatan. Banjir menggenangi rumah-rumah warga sejak tadi malam hingga Rabu (4/4/2018) ini.

Camat Kaliori, Mustolih mengatakan, banjir yang merendam 4 desa itu disebabkan meluapnya Embung Banyukuwung yang berada di Kecamatan Sumber, Rembang. Genangan banjir paling parah melanda Desa Kuangsan dengan ketinggian mencapai 1 meter.

“Ada empat desa yang laporannya kami terima mengalami banjir, sehingga kami langsung koordinasi dengan BPBD Rembang dan semalam sampai Rabu dini hari siaga di lokasi,” kata Mustolih.

Sementara itu, Kepala Desa Kuangsan, Tarmuji menjelaskan, air mulai masuk ke pemukiman warga sekitar pukul 23.00 WIB. Puncak genangan tertinggi terjadi sekitar pukul 02.00 WIB dini hari.

“Jam 21.00 kami terima laporan dari penjaga embung untuk siaga, sehingga pada jam 23.00 mulai masuk airnya ke pemukiman warga. Jam 02.00 dini hari malah airnya sampai dada orang dewasa, beberapa rumah sempat kemasukan air,” jelasnya.

Ia menyebutkan, Desa Kuangsan terdapat sebanyak sekitar 530 Kepala Keluarga (KK). Sebanyak 60 persen di antaranya yang saat ini rumahnya terendam banjir.

“Melihat dari arusnya, airnya ini semoga cepat surut. Tapi sampai pagi ini ketinggian air masih sekitar paha orang dewasa. Belum sampai evakuasi, rumah warga memang rata-rata tinggi, memang ada beberapa yang sempat kemasukan air, tapi sudah surut sekarang ini,” katanya.(dtc/ziz)

Tag: