Fakta Tentang Kopi

Tidak ada komentar 135 views

Surabaya, (DOC) – Membicarakan soal kopi itu unik. Minuman ini serasa punya sejarah tersendiri yang menarik untuk disimak. Bahkan, kadang fakta yang ada serasa tidak terduga sebelumnya. Dikutip dari Okefood, berikut lima fakta menarik soal kopi:
1. Kambing menari. Mengenai manfaat kafein kopi yang membuat otak lebih segar, konon ditemukan oleh para penggembala di Ethiopia. Mereka heran dengan ulah kambing-kambing yang digembalakan. Mereka suka menari dan terlihat bersemangat ketika makanan mereka diberikan biji kopi.
2. Dulunya kopi dimakan, bukan diminum. Buah kopi seperti biji-bijian lainnya yang dimakan begitu saja setelah diolah. Ini terjadi pada sebuah suku di Afrika, mereka menyampur kopi dengan lemak. Camilan itu langsung dimakan.
3. Gara-gara kopi, adanya kedai kopi dianggap tempat konspirasi. Hal tersebut terjadi di Inggris pada tahun 1675. Raja Inggris sempat mengeluarkan kebijakan melarang berdirinya kedai kopi lantaran sering jadi tempat mendiskusikan penggulingan raja.
4. Apakah Anda sering mendapatkan bau kopi ketika melewati gerai Starbuck atau Dunkin Donut? Itu tidak sepenuhnya bau kopi asli. Sebagiannya adalah pengharum ruangan beraroma kopi. Dari aroma ini, lantas orang bisa berimajinasi kalau menyeruput kopi sangat enak. Jadilah kemudian mampir minum kopi di gerai.
5. Kopi disamakan nikmatnya dengan wine dan inilah “wine” arab. Kata “coffee” diambil dari bahasa arab yang disebut “Qahhwat al-bun” dan bermakna wine dari biji. (sdm/r4)