Fasilitas Olahraga Komplek GBT Alami Kerusakan Akibat Ulah Oknum Supporter

foto ; Kadispora Afgani Wardhana

Surabaya,(DOC) – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga kota Surabaya, Afgani Wardhana mengatakan, bahwa sejumlah fasilitas stadion dan olahraga dikomplek Gelora Bung Tomo (GBT) mengalami kerusakan akibat ulah oknum supporter saat menonton pertandingan Persebaya melawan Persib Bandung, Kamis(26/7/2018) malam kemarin.

“Untuk stadion ada beberapa pintu masuk yang rusak akibat dijebol dan masih kita inventarisir jumlahnya. Untuk itu kami meminta pihak Panpel(Panitia Pelaksana,red) agar memperbaiki,” kata Afgan saat ditemui sejumlah awakmedia diruang kerjanya, Jumat (27/7/2018).

Untuk fasilitas olahraga yang mengalami kerusakan karena aksi bonek banyak ditemui disebelah selatan stadion.

“Di selatan itu kan sirkuit. Itu juga dirusak, semua kaca mulai pintu dan jendela pecah semua serta ban pemisah di sirkuit dibakar,” imbuhnya.

Ia mengaku masih menginventarisir kerusakan dan total kerugian yang harus ditanggung untuk mengembalikan stadion GBT seperti semula. Menurut Afgan, pihaknya akan menyampaikan hasil inventarisir ini ke pihak Panpel pertandingan.

“Berapa kerugiannya, masih dihitung. Karena sejak pagi saya dan tim Dispora masih menginventarisir kerusakan. Tapi kami akan minta pertanggungjawaban Panpel berupa perbaikan, sesuai perjanjian atau kesepakatan,” pungkasnya.

Pada pertandingan semalam, tim Persib Bandung berhasil meraih poin 3 setelah mengalahkan Persebaya dengan skor 4-3. Saat pertandingan tengah berlangsung, ratusan oknum suporter yang tak memiliki tiket dilaporkan melakukan pengrusakan dan pembakaran diluar stadion yang membuat petugas menembakkan puluhan kali gas air mata.

Tak hanya membakar rumput dan kendaraan, tapi oknum supporter ini juga merusak beberapa fasilitas stadion dan olahraga di komplek Gelora Bung Tomo.(r7)