For Her Komunitas Yang Mempowering Kaum Perempuan

Tidak ada komentar 141 views

Surabaya, (DOC) – Kegiatan komunitas yang ranges oleh teman- teman Jawa Pos yang diberi nama For Her Community adalah komunitas yang memiliki kegiatan tidak hanya empowering social saja, tetapi juga sudah mengarah pada empowering ekonomi.
Pernyataan itu disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, Ny.Nina Soerkawo yang juga istri Gubernur Jatim saat menjadi Juri Nominator 15 Besar For Her Comunity Tingkat Nasional di Gedung Graha Pena Jawa Pos, Jln A. Yani Surabaya, Kamis (15/8/2013) Siang.
Bude Karwo sebutan lekat ny. Nina Soekarwo mengatakan, keberadaan komunitas For Her ini sangat baik dan bagus, karena mereka semua mempunyai kegiatan positif yang bisa meringankan beban tidak hanya para anggotanya saja tetapi juga untuk masyarakat sekitarnya. Seperti yang dilakukan oleh komunitas istri Insinyur yang tergabung Persatuan Istri Insinyur ini diberi nama Ibu- ibu professional dari Solo Tiga ini mempunyai kegiatan yang sangat luar biasa yaitu memberikan bantuan ke yatim piatu dan panti jompo.
Begitu juga komunitas 5 Second yaitu perkumpulan anak usia 18 tahun (ABG) yang mempunyai jiwa entrepreneur ini, mereka mengumpulkan uang dari uang saku mereka untuk membuka usaha dan hasilnya mereka sumbangkan ke yayasan panti asuhan serta panti jompo. Begitu juga dengan komunitas peduli pendidikan yang berdiri sejak tahun 1991 ini, mereka bergerak di bidang social yaitu memberikan bantuan bagi anak- anak autis dan anak yang berkebutuhan khusus dengan dana berasal dari para anggota.
“ Ini hanya sebagian dari semua peserta For Her Community Competetive yang saya ambil sebagai contoh dari kegaitan sosialnya. Sebab, dari 577 jumlah peserta komunity yang mengikuti acara Community For Her Competetive yang diadakan Jawa Pos peserta sangat beranekam ragam kegiatannya. Tetapi kebanyakan bergerak di bidang social dan ekonomi, “ jelas Bude Karwo.
Ditambahkan, ini adalah kegiatan yang luar biasa karena baru pertama kali diadakan oleh jawa Pos, pesertanya sudah luar biasa yakni sebanyak 577 se Indonesia. Dari jumlah tersebut oleh panitia, sudah direkrut menjadi 40 peserta yang masuk ke babak penyisihan. “ Terus jumlah 40 itulah, kami lima orang juri mempunyai tugas untuk memilih dan menilai dari masing- masing peserta agar bisa masuk ke nominasi 15 besar,” tegas Bude Karwo
Sedang kretiria penilaian agar peserta bisa masuk dalam nominasi 15 besar adalah dilihat dari kekompakan komonitas dalam melakukan kegiatan serta implementasinya, baik itu internal keanggotaan maupun ke eksternalnya. Karena dari kedua sisi inilah dikomposisikan, seimbang dan sejauh mana kegiatan itu secara rutin dilakukan.
Bude karwo mengatakan, kegiatan komunitas For Her ini memang sangat baik dan positif, untuk itu kegiatan ini manfaatnya tidak hanya bagi anggotanya sendiri melainkan juga untuk orang lain. Oleh karena itu, peserta sudah merambah ke seluruh indonesia yakni dari Bali, Kalimantan, Jateng, Jakarta, Jogyakarta, dan Jawa Timur sendiri.
Sementara itu Juri Arianti Kurnia Kepala Komperatemen For Haer mengatakan, dari hasil nominasi ke lima juri nanti baru bisa di umumkan setelah dikomperative atau dimusyawarahkan nanti malam dan hasilnya diumumkan melalui Jawa Pos besuk pagi. Dan dari 15 nominator tersebut, besuk tgl 31 Agustus 2013, untuk babak penyisihan untuk merebut nomor I,II dan III setelah mereka adu presentasi dalam babak penyisihan. Dengan juri lima orang yakni ibu Linda Gumelar, ibu Nina Soekarwo, ibu Risma, dan Ibu Najwa reporter mata najwa serta Ibu nadya Mulya. (hms/r4)