Galang Dana Kampanye, Tim Gus Ipul – Puti Gelar Lelang Lukisan Affandi Koesoema

foto : panitia paeran lukisan temui keluarga pelukis Affandi Koesoema di Yogyakarta

Surabaya,(DOC) – Kelompok relawan Surabaya pendukung pasangan calon (Paslon) Gubernur nomer urut 2, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno (Mbak Puti) akan membantu mencarikan penggalang dana kampanye melalui pameran lukisan.

Sekitar 30 lukisan milik pelukis ternama di Indonesia termasuk 2 lukisan karya sang maestro (alm) Affandi Koesoema, akan di pamerkan dan dilelang.

“Sebenarnya ini ide dari ‘Bang’ Shaleh Ismail Mukadar dengan tujuan menggalang dana untuk kampanye pasangan calon nomer dua. Pameran akan digelar pada 25 Maret di Hotel Bumi Surabaya,” Ucap Singky Soewadji salah satu panitia penyelenggara, Senin(12/3/2018).

Untuk mendapatkan lukisan sang maestro, Singky mengaku, tak tanggung-tanggung dirinya harus menemui keluarganya di Yogyakarta.

“Ini sedang menemui Ibu Kartika Affandi di Yogyakarta. Mereka merespon baik rencana pameran penggalangan dana kampanye untuk Gus Ipul dan Mbak Puti,” imbuhnya.

Menurut dia, ada 2 lukisan karya Affandi yang diperbolehkan di pamerkan dan dilelang, yakni lukisan yang dibuat tahun 1974 dan tahun 1976. Lukisan di tahun 1974 berjudul ‘Petarung Sejati’ yang dihargai sekitar Rp. 10 milliar dan lukisan di tahun 1976 memiliki judl “Papua” yang nilainya mencapai Rp. 25 milliar.

“Rencananya keluarga pelukis (alm) Affandi, yakni istri, anak dan cucunya akan hadir. Salah satu dari keluarganya akan demo melukis,” katanya.

Sementara itu, Anggota tim pemenangan Paslon Gus Ipul – Mbak Puti bidang logistik dan intelejen, Shaleh Ismail Mukadar menyatakan, seni lukis merupakan salah satu budaya bangsa yang masih sangat kuat, sehingga muncul ide ‘Pameran Lukisan’ untuk mewadahi dan melestarikan potensi budaya bangsa tersebut.

“Kami kaum nasionalis pecinta seni, dan Bung karno juga menyukai seni terutama seni lukis, maka harus bisa menghargai sekaligus menghidupkan para seniman lukis, karena hasil karyanya tak ternilai harganya,” jelasnya.

Dalam pameran ini, memang akan dilakukan lelang lukisan yang hasilnya akan disumbangkan seluruhnya ke Paslon nomer urut 2, sebagai dana kampanye pemilihan Gubernur 2018.

“Ini wujud keseriusan dukungan. Kami tidak mencari keuntungan, apalagi embel-embel lainnya,” ucap Shaleh Ismail Mukadar.(r7)