Galau

Tidak ada komentar 144 views
Galau,5 / 5 ( 1voting )

Oleh Saparua Turnado

GALAU, resah gelisah, gundah gulana, cemas, dan atau waswas adalah kosakata yang nyaris memiliki kesamaan arti. Singkatnya, istilah di atas bisa membuat siapa saja tak enak makan dan tak nyenyak tidur lantaran beban pikiran.

Namun dari sekian kosakata yang mampu menggambarkan keadaan seseorang itu, galau kini lebih populer. Bagaimana tidak? Kosakata ini terasa lebih “membumi” setelah salah satu perusahaan operator seluler menjadikannya sebagai bagian propaganda produk.

Kegalauan (galau yang mendapat awalan ke- dan akhiran -an) ini yang ksepertinya ini dirasakan sejumlah anggota DPRD Surabaya. Maklum, masa jabatan mereka telah melewati lebih dari paruh waktu. Artinya, 2014 sebagai jadwal pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) memilih calon anggota legislatif (caleg) baru sudah diambang pintu.

Bagi wakil rakyat yang konon terhormat, menunggu 2014 laksana mengedipkan mata. Datangnya waktu itu akan terasa cepat. Ini karena pemanfaatan sekaligus manajemen waktu oleh di antara anggota dewan.

Pengejawantahannya, tahun pertama adalah masa mengembalikan modal kampanye, tahun kedua dan ketiga mengumpulkan modal untuk pencalonan periode berikutnya, tahun keempat persiapan, dan tahun kelima untuk kampanye. Ini sudah bukan lagi menjadi rahasia umum, melainkan pengetahuan umum.

Ada dan tidaknya kadar galau yang melanda beberapa anggota legislatif skala Kota Surabaya bisa ditakar dari pernyataan-pernyataan, bahkan sikapnya. Ada yang terang-terangan bertanya ke kolega sesama wakil rakyat tentang parpol (utamanya baru) yang berpotensi besar mampu kembali menghantarkan menduduki kursi legislatif.

Bahkan ada yang sudah blak-blakan “menawarkan diri” ke parpol lain yang dinilai bisa menjadi kendaraan baru menuju parlemen. Dari mereka ada yang direspon, bahkan ditolak mentah-mentah oleh parpol yang dituju karena track record selama berada di “rumah rakyat”.

Apakah DPRD Surabaya periode mendatang akan diisi wajah-wajah baru?. Ataukah kembali didominasi mereka yang kini masih menyandang predikat wakil rakyat?. 2014 takkan lama, kita tunggu saja. (K-7/R9)

Tag: