GELAR BIMTEK DI SIDOARJO, KPU JATIM BAHAS PEMUKTAHIRAN DATA DAN DAFTAR PEMILIH PILGUB

Persiapan Bimtek Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih KPU Provinsi dan Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur

Sidoarjo, kpujatim.go.id- Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim), menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pemuktahiran data dan daftar pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jatim 2018, di Hotel Swiss-Belinn Sidoarjo, Jum’at (12/01).

Peserta Bimtek terdiri dari 3 orang peserta dari masing-masing KPU Kabupaten/Kota. Yakni, satu orang komisioner KPU Kabupaten/Kota dari Divisi Perencanaan dan Data, serta dua orang operator Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) dari 38 KPU Kabupaten/ Kota.

Acara Bimtek yang digelar selama dua hari, pada tanggal 12-13 Januari 2018 ini sangat penting untuk diikuti oleh seluruh peserta. Di hari pertama, pemaparan materi dan arahan terkait pemuktahiran data dan daftar pemilih oleh Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim, Choirul Anam. Usai arahan, dilanjut dengan simulasi pemuktahiran data pemilih. Di hari kedua, materi akan dilanjut dengan review Sidalih dari helpdesk Sidalih dari tim Sidalih KPU Jatim.

Kepala Bagian (Kabag) Program, Data, Organisasi dan SDM KPU Jatim, Suharto menyatakan bahwa Bimtek yang dilakukan selama dua hari oleh Divisi Perencanaan dan Data sangat penting untuk diikuti sampai selesai oleh KPU Kabupaten/Kota. Sebab, tidak hanya memaparkan terkait materi saja, melainkan juga ada simulasi yang berkaitan dengan Sidalih.

Pria yang akrab dipanggil Totok ini berharap, seluruh peserta yang ada bisa mengikuti sampai selesai acara yang ada, termasuk dalam Simulasi Sidalih yang akan dipandu oleh tim sidalih dari KPU Jatim. Dengan simulasi akan bisa praktek langsung, peserta bisa bertanya terkait Sidalih secara langsung.

“Ada simulasi sidalih yang akan dilakukan oleh tim, jadi sangat penting untuk diikuti karena nantinya berkaitan langsung dengan kegiatan dari KPU Kabupaten/Kota,” pungkasnya.

(MC – BIB/BAY)

KPU Jatim