Gelar Pasukan Antisipasi Libur Lebaran Qurban

Tidak ada komentar 80 views

Surabaya,(DOC) – Jika sebagian besar warga metropolis tengah siap-siap berlibur memanfaatkan momen libur panjang Idul Adha, para pegawai di lingkup Pemkot Surabaya justru sebaliknya. Sebagai pelayan masyarakat, mereka justru dituntut menjaga kondusifitas kota selama masa-masa liburan.
“Ini sudah bagian dari tugas sebagai abdi masyarakat. Tapi yakinlah bahwa apa yang kita lakukan itu bermanfaat bagi orang lain,” kata Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini saat memimpin apel gelar pasukan di Taman Surya, Jumat (11/10/2013).
Wali kota memastikan bahwa selama libur panjang, layanan kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit tetap beroperasi seperti biasa. Ambulance gratis milik Dinas Sosial (Dinsos) Surabaya yang bisa diakses melalui nomor telepon 031-5465777 juga siap melayani masyarakat.
Hari libur yang mencapai empat hari kemungkinan banyak dimanfaatkan warga untuk bepergian ke luar kota. Untuk itu, pemkot telah mengantisipasi dengan membentuk regu piket di masing-masing instansi yang terbagi dalam tiga shift. Piket yang dimaksud meliputi kantor-kantor kelurahan, kecamatan, sekolah, puskesmas, dinas-dinas, serta rumah sakit. Sedangkan PDAM menyatakan sudah menyiapkan personel yang siaga 24 jam. Hal itu agar PDAM dapat memberikan respon cepat bilamana terjadi masalah air mati maupun kerusakan pipa.
Ditanya berapa jumlah pegawai yang disiapkan untuk piket selama liburan, wali kota membeberkan, masing-masing kelurahan akan dijaga 5 orang, kecamatan 10 orang serta untuk dinas-dinas minimal harus ada 3 orang dalam satu shift. “Khusus untuk kelurahan dan kecamatan, piket berupa patroli keliling di wilayah masing-masing,” terangnya. Wali kota juga menginstruksikan Dinas Perhubungan (Dishub) menjaga ruas-ruas jalan menuju luar kota.
Di sisi lain, warga Surabaya yang berencana menghabiskan waktu liburan di dalam kota tak perlu khawatir kesulitan mencari sarana hiburan. Kebun Binatang Surabaya (KBS) sudah menyiapkan acara menarik, yakni atraksi Panji si manusia ular yang bakal dihelat pada Minggu (13/10/2013).
Dijelaskan Dirut PD Taman Satwa KBS, Ratna Achjuningrum, Panji yang tenar lewat salah satu program televisi ini akan menunjukkan kelihaiannya menjinakkan ular. “Atraksi Panji ini sengaja kami adakan untuk menyambut momen libur panjang akhir pekan,” ujarnya. Sedangkan pada Senin (14/10/2013) dan Selasa (15/10/2013), KBS akan diramaikan pertunjukan hewan (animal show).
Ratna memprediksi, lonjakan pengunjung akan terjadi pada Minggu (13/10/2013) dan Selasa (15/10/2013). Menurut dia, KBS akan dikunjungi rata-rata 20 ribu orang per hari selama masa liburan. Terkait hal itu, pihak KBS telah menyiapkan skenario untuk penataan parkir. “Kalau parkir di Jl. Setail penuh, maka sebagian akan kami arahkan untuk parkir di depan Polsek Joyoboyo,” pungkasnya.(humas/r7)