Gelar Peringatan HPN, SIWO PWI Jatim Dan Pemkab Gresik Bangga ‘Atung’ Asian Games 2018

Gresik,(DOC) – Gerakan olahraga bersama sekaligus pre-launching ”Bangga Atung Kita” Rusa Bawean sebagai maskot Asian Games 2019, Jumat(16/3/2018) kemarin, berlangsung sangat meriah. Ribuan orang dari berbagai instansi memenuhi Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) Jalan Jaksa Agung Suprapto Gresik.

Kegiatan tersebut diinisiasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemkab Gresik bekerja sama dengan Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Jatim serta Gresik. Rangkaian acara diawali dengan apel bersama dipimpin Wabup M. Qosim. Tampak hadir antara lain Wakapolres Kompol Wahyu Prishta Utama, Ketua KONI Gresik Singgrih Priyanto, dan pejabat Forkopimda lainnya.

Dalam sambutannya, Qosim mengatakan, olahraga harus terus menjadi budaya masyarakat. Dengan rajin berolahgara, maka tubuh dan pikiran akan sehat. Karena itu, pihaknya mengapresiasi kampanye olahrga bersama yang dilaksanakan Dispora. ”Kalau saya teriak olahraga, maka jawabanya masuk surga,” kata Qosim memimpin yel-yel peserta.

Qosim menambahkan, warga Gresik dan Jawa Timur patut ikut berbangga lantaran pada perhelatan Asian Games 2018, Rusa Bawean menjadi salah satu maskot di event olahraga tingkat Asia. Pada 2019 nanti, Gresik juga akan ditunjuk sebagai tuan rumah Pekan Olahrga Provinsi (Porprov) Jatim dan Rusa Bawean juga sebagai maskotnya.

”Dengan demikian, Rusa Bawean sebagai salah satu potensi fauna di Pulau Bawean akan semakin mendunia. Karena itu harus terus dilestarikan jangan sampai punah. Selain itu, potensi Pulau Bawean tentu juga akan makin dikenal luas,” kata mantan Kepala Dinas Pendidikan itu.

Setelah apel bersama, Wabup, Wakapolres, Kepala Dispora Jaeruddin, dan Ketua SIWO PWI Jatim Erwin Muhammad me-launching program Bangga Atung Kita. Kegiatan tersebut ditandai dengan pembukaan banner bergambar maskot Rusa Bawean. Lalu, ribuan peserta mengikuti senam bersama dan dilanjutkan dengan eksebisi bola voli antara tim SIWO PWI Jatim-Gresik melawan tim Forkopimda Gresik. Dalam pertandingan dua set tersebut pertandingan imbang 1-1.

Di tempat lain, yakni di Gelora Joko Samudro Gresik, tim SIWO PWI Jatim tanding persahabatan melawan tim Jago Kapok Dispora Jatim. Pertandingan berjalan sangat seru. Skor akhir dimenangkan kesebelasan SIWO PWI Jatim dengan 3-2.

Menurut Kadispora Pemkab Gresik Jaerudin, program ini merupakan salah satu upaya untuk menggiatkan lahi semangat olahraga. Baik di lingkungan intansi pemerintahan maupun swasta. ”Realita zaman sekarang, semangat olahraga di kalangan masyarakat semakin menurun. Orang lebih suka bermain gadget. Nah, Dispora ingin menjadi pelopor untuk mengembalikan dan mengajak seluruh elemen masyarakat agar olahraga menjadi lifstyle, ajang silaturrahmi, ajang edukasi,” katanya.

Olahraga, lanjut dia, juga akan didorong sebagai faktor muliplayer effect peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. ”Terima kasih kepada SIWO Jatim dan semua pihak yang bersama-sama ikut berpartisipasi dalam gerakan ini,” ungkap mantan Camat Manyar itu.(win/r7)