Gempa 5,6 SR Melanda Gorontalo

Tidak ada komentar 137 views

Surabaya,(DOC) – Gempa berkekuatan 5,7 SR terjadi lagi di Gorontalo, pada jam 21.30 WIB, Sabtu(12/10/2013).
Gempa yang berlangsung sekitar 1 menit lebih ini terasa hingga Menado Sulawesi Utara. Namun gempa tersebut tidak membuat panik masyarakat, karena tengah menikmati kemenangan Indonesia melawan Korea Selatan.
Saiful Adnan warga Surabaya yang berada di Menado saat dihubungi menjelaskan, bahwa dirinya memang merasakan getaran gempa yang berlangsung sekitar 1 menit.
“Saya terasa tadi, tapi saat itu saya tidak sadar kalo ada gempa, karena lagi fokus pada pertandingan Indonesia versus Korsel. Saya nonton bola di cafe” jelas Saiful saat dihubungi by phone, Minggu(13/10/2013.
Ia memastikan, tidak ada dampak apapun bagi bangunan milik warga yang di timbulkan oleh gempa malam ini. “Semuanya normal kok”, tegasnya.
Sementara itu, sebelumnya BMKG telah mengabarkan bahwa, Gempa kembali mengguncang wilayah Timur Indonesia. Malam ini, getaran berkekuatan 5,6 SR melanda Gorontalo pada pukul 21.30 WIB, Sabtu (12/10/2013).

Pusat gempa berada pada kedalaman 54 km, di 20 km Barat Laut Boalemo Gorontalo, atau 45 km BaratDaya Gorontalo Utara. Sedangkan menurut USGS (Badan Geologi Amerika Serikat) gempa berkekuatan 5,7 SR dengan kedalaman 100,4 km. Gempa berpusat di darat, tepatnya 31 km barat laut dari Tilamuta, Kabupaten Boalemo.
Kali ini gempa tidak menimbulkan potensi tsunami. Berdasarkan peta guncangan gempa (shake map) gempa berintensitas III-IV MMI (ringan). Sumber gempa berasal dari Sesar Gorontalo. Sesar ini terbentang dari arah barat laut ke tenggara yaitu dari Laut Sulawesi melalui Gorontalo hingga wilayah perairan Teluk Tomini.(mr/dt/r7)