Gempa 6.2 SR Melanda Jawa Timur, Bali Dan Lombok

Tidak ada komentar 202 views

Malang,(DOC) – Gempa berkekuatan 6.2 Skala Richter(SR) melanda kota Malang Raya pada pukul 22.11 Wib, Rabu(16/11/2016) malam.

Bukan hanya Malang Raya, Gempa juga terasa disejumlah kota di Jawa Timur diantaranya Blitar, Kediri, Madiun, Surabaya, Jember, Bondowoso bahkan hingga Banyuwangi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, bahwa gempa ini berkekuatan 6,2 SR terjadi pukul 22:10:11 WIB. Lokasi Gempa di 9.32 LS,113.12 BT atau 127 kilometer di tenggara Kabupaten Malang, dengan kedalaman 69 Km.

Daerah yang terkena Gempa yaitu di zona selatan yaitu Jawa Timur, Bali dan Lombok. Fenomena alam ini tidak diiikuti dengan bencana Tsunami. Akun Twitter BMKG juga meminta warga tidak panik akan munculnya gempa susulan. Jika ada, kekuatannya relative lebih kecil.

Gempa yang berlangsung sekitar 1 menit dan sempat membuat panik warga, ternyata  juga mengakibatkan dua rumah rusak.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Hafi Lutfi, salah satu rumah yang rusak adalan milik Subur di RT27, RW 07 Desa Jatiguwi, Kecamatan Sumberpucung. Namun sebelum gempa, rumahnya sudah retak dibagian depan.

“Teras rumahnya ambruk saat gempa. Jadi awalnya sudah retak, terus kena gempa langsung ambruk,” terang Lutfi.

Rumah lainnya yang rusak berada di Desa Taman Kuncaran, Kecamatan Tirtoyudo, milik Sutimah, warga RT 10, RW 4.  Dalam insiden ini, rumah tua yang ambruk itu, mengenai satu orang yang mengalami luka ringan. “Kami masih cek di Polindes setempat, luka ringannya seberapa,” ujar Lutfi.

Gempa pertama yang berlangsung sekitar 1 menit dan membuat panik warga, memang juga diikuti gempa susulan yang terjadi pukul 22.25 Wib, dengan kekuatan 4,2 SR, posisi di 121 kilometer barat daya di Kabupaten Lumajang, berkedalaman 42 KM.

“Gempa susulan ini hanya tercatat di alat, tidak terasa sampai ke daratan,” ujar Musripan, Kepala BMKG Karangkates.(SURYA.co.id/mi/r7)