Genangan Air Kian Parah, Satlak PB Selalu Siaga

Tidak ada komentar 196 views

genanganSurabaya,(DOC) – Hujan deras yang mengguyur sebagian besar kawasan di Surabaya sejak Jumat (15/4/2016) dini hari kemarin, menyebabkan terjadinya genangan di sejumlah titik. Situasi itu membuat Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satlak PB) Kota Surabaya siaga.

Seketaris Satlak PB Kota Surabaya Soemarno mengatakan, hujan yang turun memang sangat deras. Terutama di kawasan Surabaya Utara, Surabaya Timur dan Surabaya Pusat. Dan itupun berlangsung terus-menerus sehingga menyebabkan beberapa kawasan tergenang. Berdasarkan pantauan personel Satlak PB di sejumlah lokasi, beberapa genangan terjadi seperti di Jalan Semarang, Dupak Demak, Asem Rowo (di sekitar sungai), Kalisaridamen.

“Meski ada genangan, tetapi surutnya cepat. Sekitar jam 9 tadi sudah ada penurunan 15-20 cm. Dan harus dipahami bahwa hujan yang turun memang deras dan itu berlangsung sejak jam 3 pagi tadi,” jelas Soemarno, Jumat (15/4/2016).

Selain memantau genangan air, personel Satlak PB juga melakukan sinergi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya. Salah satunya membantu Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Pematusan dalam hal optimalisasi fungsi rumah pompa. Termasuk juga membantu Dinas Perhubungan untuk mengurai kepadatan lalu lintas akibat genangan air. Apalagi ketika pagi memang merupakan jam berangkat kerja sehingga intensitas pengguna jalan sedang tinggi-tingginya.

“Kami siap bila diminta rekan-rekan SKPD seperti Dinas PU membutuhkan tenaga di pompa air. Kami juga bantu mengurai kemacetan. Semisal mengarahkan masyarakat untuk tidak melewati jalan yang tergenang dan memilih jalan lain,” sambung dia.

Menurut Soemarno, hujan deras yang disertai angin kencang dan juga petir memang acapkali turun ketika masa jelang pergantian musim dari penghujan ke musim kemarau seperti sekarang. Bahkan, estimasinya, intensitas hujan masih lumayan tinggi selama bulan April ini.

Karenanya, sambung dia, Satlak PB Kota Surabaya akan terus waspada dan memantau situasi. Untuk pemantauan situasi, personel Satlak PB Kota Surabaya melakukannya setiap saat melalui tampilan gambar di ruangan CCTV yang menampilkan gambar di beberapa kawasan. Selain itu, Satlak PB juga menyiapkan peralatan yang berkaitan dengan air di kantor pusat Satlak PB maupun di Satgas wilayah. Yakni wilayah Surabaya pusat (Jalan Embong Sawo), kawasan Surabaya Utara (Rangkah), Surabaya Timur (Rungkut), Surabaya Barat (Margomulyo).

“Kita juga mengantisipasi terjadinya angin kencang. Untuk hujan hari ini tidak ada laporan terkait angin kencang seperti misalnya pohon tumbang,” sambung pria yang juag Kepala Bakesbang Linmas Kota Surabaya ini.(hms/r7)