Gerindra Surabaya Miliki 40 Persen Keterwakilan Caleg Perempuan

foto : Bagiyon wakil sekretaris Gerindra Surabaya

Surabaya,(DOC) – Wakil Sekretaris Partai Gerindra Surabaya, Bagiyon,MA menargetkan porelahan kursi diparlemen pada Pemilu Legislatif 2019 mendatang, sebanyak 15 kursi.

Target tersebut telah ditetapkan oleh Ketua DPC Gerindra Surabaya, BF Sutadi dalam rapat internal partai menjelang pendaftaran bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Surabaya, yang mulai dibuka pada 16 Juli mendatang,

Menurut Bagiyon, DPC Partai Gerindra Surabaya telah menjaring nama-nama Bacaleg lewat pendaftaran yang dibuka untuk umum dan kader partai sendiri. Dari hasil rekrutmen itu, terdapat 60 Bacaleg yang diajukan ke DPD untuk diseleksi lagi menjadi 50 orang Bacaleg Partai Gerindra Surabaya.

“Saat ini masih dalam proses sinkronisasi di tingkat DPP, untuk dibuatkan Surat Rekomendasi, Jumlah Bacaleg yang kita ajukan ke DPP itu sudah termasuk para Caleg incumbent,” ungkap Bagiyon yang juga anggota Badan Seleksi (Baleksi) DPC Partai Gerindra Surabaya, Selasa(10/7/2018).

Untuk keterwakilan perempuan di parlemen, Bagiyon menambahkan, DPC Partai Gerindra Surabaya menyiapkan kuota 40 persen Caleg perempuan yang tersebar di masing – masing daerah pemilihan(Dapil).

“Caleg perempuan kita siapkan melebih kuota yakni 40 persen. Sementara untuk caleg cadangan kita memiliki sekitar 20 persenan,” paparnya.

Optimisme pencapaian target perolehan kursi di parlemen ini, akan terpenuhi karena di tunjang dengan sistem politik yang pola kerjanya baru dan berbeda dengan skema dan pola lama.

“Polanya kita rahasiakan karena ini strategi pemenangan partai. Tapi untuk caleg non kader, kita hanya peroleh sekitar 25 persenan,” pungkas Caleg Gerindra Dapil IV Surabaya ini.(rob/r7)