Gian Cordana Sanjaya Raih Medali Emas Di International Mathematic Olympiade 2018 Rumania

Foto : Gian Cordana Sanjaya

Surabaya,(DOC) – Gian Cordana Sanjaya seorang siswa SMA Kristen Petra 1 Surabaya menorehkan prestasi di dunia pendidikan untuk Indonesia.

Siswa ahli matematika itu, berhasil merebut medali emas di ajang International Mathematic Olympiade 2018 di CLUJ-NAPOCA Rumania, yang berlangsung pada tanggal 7 – 14 Juli 2018 lalu.

Dengan hasil tersebut, membawa nama Indonesia melejit ke peringkat 10 besar dunia, setelah sebelumnya hanya berada di peringkat 31, dibawah Singapura dan Polandia.

Pelajar yang lahir di Bali pada 27 Juni 2000 itu, sebelumnya sering mengikuti ajang Olimpiade Matematika di tingkatan dunia. Namun kala itu, Gian hanya memperoleh medali Perak dan Perunggu.

“Saya bersyukur dengan prestasi ini. Harapannya, prestasi dunia bisa diraih oleh para siswa Indonesia dan pendidikan Indonesia makin maju lagi,” ungkap Gian Cordana, Kamis(19/7/2018).

Dalam Olimpiade Matematika di Rumania tersebut, anak sulung dari tiga bersaudara ini berhasil menyisihkan para lawannya dari berbagai dunia yang juga memiliki prestasi hebat dibidang Matematika. Berkat ketekunan belajar Gian, cita-citanya sebagai juara dunia akhirnya terwujud.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMU Petra 1, Elizabeth Dian Lestari berharap, prestasi cemerlang Gian ini diharapkan pula membangkitkan semangat para guru untuk tekun mendampingi para siswanya.

“Sangat bahagia dengan prestasi Gian. Ini bisa menjadi motivasi para guru untuk mendampingi siswa,” kata Elizabeth.(hadi/r7)