GILIRAN GUS IPUL-PUTI DAFTAR BACALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR JATIM

Bacalon Gus Ipul-Puti Bersama Tim Pemenangan (Rabu, 10/01/2018)

Surabaya, kpujatim.go.id- Bakal pasangan calon (Bacalon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur bertambah. Usai Khofifah Indar Parawansa-Emil Listianto Dardak yang mendaftarakan diri, Rabu (10/01) siang. Malam harinya giliran Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno yang datang ke kantor KPU Jatim, mendaftarkan diri jadi Bacalon.

Bacalon yang akrab dipanggil Gus Ipul-Puti tersebut, datang mendaftarkan diri sekitar pukul 21.15 Wib. Keduanya di arak dari kantor DPD PDI Perjuangan Jalan Kendangsari, oleh para pendukung dan partai politik pengusungnya, hingga sampai ke kantor KPU Jatim, jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya.

Sampai di kantor KPU Jatim, pasangan Gus Ipul-Puti disambut langsung oleh Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito beserta seluruh jajaran komisioner, yakni Muhammad Arbayanto (Divisi Teknis), Gogot Cahyo Baskoro (Divisi SDM dan Parmas), Choirul Anam (Divisi Perencanaan dan Data) dan Dewita Hayu Shinta (Divisi Umum; Keuangan dan Logistik).

“Sejak tiga hari terakhir, KPU Jatim membuka tahapan pendaftaran Bacalon. Untuk hari terakhir Rabu ini, dibuka sampai pukul 24.00 WIB dan saat ini sudah ada yang datang mendaftar,” ujar Ketua KPU Jatim Eko Sasmito.

Eko kemudian mempersilahkan perwakilan dari Bacalon untuk menyampaikan maksud dan tujuannya. Sekaligus memberikan kesempatan untuk menyerahkan dan mengumpulkan berkas dokumen yang menjadi persyaratan.

“Selanjutnya kami persilahkan kepada perwakilan rombongan, untuk mengutarakan maksud dan tujuan kedatangannya,” tambah Eko.

Sementara itu, Divisi Teknis KPU Jatim Muhammad Arbayanto menyatakan, dalam aturan persyaratan pencalonan maupun persyaratan calon diatur dalam PKPU 15 Tahun 2017 yang menerangkan bahwa Bacalon wajib hadir, menetapkan jumlah suara sah DPRD atau jumlah alokasi kursi di DPRD Jatim.

Dari hasil pemeriksaan dokumen persyaratan Bacalon. Pria yang akrab dipanggil Arba ini merinci bahwa dukungan dari parpol yakni PKB sebanyak 20 kursi, PDIP (19 kursi), PKS (6 kursi) dan Gerindra (13 kursi). Total kursi yang diperoleh dari gabungan partai politik pengusung sebanyak 58 kursi.

“Artinya sudah memenuhi syarat yang telah ditetapkan yaitu minimal 20% jumlah kursi di DPRD Jatim,” ungkap Arba.

Bakal Pasangan Calon Gus Ipul – Puti

Selanjutnya, dari hasil pemeriksaan dokumen, Arba memperingatkan untuk formulir B-KWK parpol pengusung harus ada tanda tangan dari Ketua dan Sekretaris. Berhubung belum ada tanda tangan, seketika itu juga dia meminta agar pengurus parpol untuk segera menandatangani formulir tersebut.

“Berikutnya, keseluruhan berkas diserahkan oleh Tim Verifikator yang kemudian diperiksa kelengkapannya,” tegasnya.

Dalam sambutanya, Halim Iskandar selaku perwakilan Bacalon Gus Ipul-Puti, menyatakan bahwa pihaknya hadir dan datang dengan formasi lengkap dalam mengantar Bacalon yang didaftarkan ke KPU Jatim. Seluruh ketua dan sekretaris dari parpol pengusung hadir semua, mengantar Bacalon Gus Ipul-Puti.

“Kami antar langsung untuk mendaftar, sebagai bentuk komitmen sebagai partai pengusung pasangan Gus Ipul-Puti,” pungkasnya.

(MC – LNC/ANY/TRIS/TUNG/BIB/BAY)

KPU Jatim