Ginjal Tinggal Satu, Dewan Jatim Prihatin

Tidak ada komentar 255 views

Lumajang,(DOC)Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPRD Jawa timur, Thoriqul Haq, mendadak kaget saat menjenguk balita Aditya Maulana R(5) pasien asal Lumajang penderita kanker otak, yang menjalani perawatan medis di RSU Dr. Soetomo Surabaya.

Anak pasangan dari Totok Harianto dan Sulasmi warga dusun Sumber Dawe, Desa Kunir Kidul, Kecamatan Kunir, Lumajang Jatim ini, mempunyai ginjal hanya satu. “Hasil keterangan dokter Ananda Aditya sebelumnya pernah sakit tumor di ginjal, setelah itu di operasi ginjal di ambil satu dan sekarang Aditya memiliki satu ginjal mas,”ujarnya, Selasa(1/9/2015).

Untuk biaya perawatan saat di rumah sakit, semuanya telah ditanggung BPJS, kecuali obat dan tim perawat.  “Jadi biaya masih kita perlu bantu, karena orang tua Aditya sudah tidak memiliki apapun, termasuk rumah yang sudah terjual,” jelas anggota legeslative asal Dapil Lumajang ini.

Ia cukup prihatin dengan kondisi Aditya yang kini terbaring lemas di ruang inap. Mengingat pihak rumah sakit sudah meng-klaim bahwa kankernya cukup parah hingga tidak bisa lagi dilakukan operasi. Tindakan medis yang bisa dilakukan saat ini hanya kometerapi.

“Jika dilakukan operasi maka resiko gagal sangat tinggi, sehingga dokter hanya melakukan kemoterapi,” Jelas Thoriqul.

Politisi PKB ini, berharap bantuan masyarakat untuk bisa menyalurkan dana lebihnya ke Ananda Aditya untuk pembiayaan perawatan medisnya.

“Orang tuanya sudah tidak mampu lagi. Belum lagi memikirkan 2 saudaranya yamg masih perlu biaya. Rumah dan Sawahnya sudah dijual. Sementara penyakit Adit tidak bisa sembuh pasti, hanya menunggu mu’jizat dari Yang Kuasa,”papar Thoriqul Haq.(im/r7)