Golkar Kantongi Tiga Nama Cagub Jatim

Tidak ada komentar 119 views

Surabaya(DOC)-Teka-teki siapa calon gubernur (Cagub) yang bakal diusung Partai Golkar mulai sedikit terang, dan mengerucut pada tiga nama. Yakni Soekarwo (Gubernur Jatim/Ketua DPD Partai Demokrat Jatim), Khofifah Indar Parawansa (Ketua Umum PP MUslimat NU) dan Untung S Radjab (mantan Kapoda Jatim). Hanya saja, Ketua DPD Partai Golkar Jatim, Martono belum mau membeberkan secara gamblang.
Menurut dia, masalah calon yang akan diusung Partai Golkar akan dibahas secara khusus Jum’at (2/11) besok. “Nanti sudah ada keputusan siapa cagub Jatim dari Golkar. Sabar saja usai Rapimnas, DPP Partai Golkar akan mengumumkan calon gubernur yang akan diusung dalam pilgub Jatim 2013,” terang Martono.
Dalam rapat pilkada nanti dipimpin Wakil Ketua Umum DPP Syarief Cicip Sutarjo yang juga diikuti tim pilkada DPP, DPD Jatim dan DPC kabupaten/kota. Partai Golkar sendiri sangat besar kemungkinan mengusung cagub sendiri dengan melihat hasil survei internal dan pertimbangan kualitatif dari calon yang diusung. “Ada tiga nama berpeluang sama kuat diusung dari Golkar, yakni Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Untung S Radjab dan incumbent Gubernur Jatim Soekarwo,” ujarnya.
Apakah mungkin Partai Golkar mendukung incumbent Pakde Karwo? Martono yang juga mantan ketua tim sukses KarSa (Soekarwo-Saifullah Yusuf) menyampaikan jika kemungkinan itu bisa saja.
Bahkan, Martono tidak menampik jika untuk perhelatan Pilgub Jatim 2013, Partai Golkar akan koalisi dengan parpol lain untuk mendukung Pakde Karwo. “Yang pasti jika Partai Golkar majukan calon harus untuk menang, bukan untuk kalah,” kata Martono diplomatis.
Meski didesak apakah dirinya tidak berkeinginan untuk maju cawagub, Martono dengan tegas menyampaikan jika dirinya tidak akan ikut maju. “Memang ada pemikiran dari beberapa DPC agar saya maju jadi cagub. Tapi tidak lah saya cukup jadi ketua parpol dan menjadi akademisi. Hobi orang itu kan sendiri-sendiri, saya biar melanjutkan pekerjaan yang ada dulu,” tegas dia.
Mengenai kabar pecahnya koalisi KarSa (Soekarwo-Saifullah YusufI Jilid II pada pilgub 2013 nanti, Martono kembali berdiplomatis dengan berharap keduanya tetap bergandengan kembali. Pasalnya, output untuk pembangunan di Jatim sudah bagus dan harus tetap dikoreksi parpol melalui kadernya di legislatif. Ini memberikan warning agar ada peningkatan kinerja ke depan.  “Saya sampai saat ini belum melihat kecenderungan Pakde Karwo dan Gus Ipul berpisah. Apa yang menyebabkan mereka pisah, kan sudah soft opening deklarasi pada 12 Oktober lalu,” pungkasnya.
Sementara Wakil Ketua DPC Partai Golkar Surabaya Agus Sudarsono mengaku memang ada beberapa nama cagub yang dilirik Partai Golkar. Hanya saja  ia enggan menyebut satu per satu. “Saat ini DPD belum memutuskan mengusung calon sendiri atau calon dari eksternal. Ya, mungkin setelah rapat dua kali lagi calon yang diusung Golkar akan ketahuan,”ungkapnya.(r-12/R9)