Golput Ancaman Serius Tiap Pemilu

Tidak ada komentar 124 views

Jakarta, (DOC) – Pemilihan Umum Legislatif akan berlangsung kurang dari satu bulan lagi. Rendahnya partisipasi masyarakat atau yang dikenal dengan Golput masih menjadi persoalan penting dalam pelaksanaan pemilu.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan partai politik (parpol) biasanya melakukan sosialisasi ke masyarakat mengingatkan mereka untuk menggunakan hak suaranya. Namun jumlah golput terus bertambah dalam setiap pelaksanaan pesta demokrasi rakyat ini.
Pemerintah Kota Bengkulu mempunyai cara tersendiri untuk mengurangi jumlah Golput di daerahnya, yaitu dengan mengadakan lomba berhadiah Rp 100 juta bagi kelurahan di Kota Bengkulu yang memiliki golput terendah pada 9 April mendatang.
Menurut Kepala Bagian Pemerintahan Kota Bengkulu, hadiah Rp 100 Juta untuk lomba telah dianggarkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2014. Lomba ini bertujuan untuk mengurangi tingkat Golput di Kota Bengkulu.
Staf Ahli Dewan Perwakilan Daerah (DPP) RI Iwan Kusnadi menilai ini adalah salah satu cara yang positif dari Pemkot Bengkulu untuk menekan golput di masyarakat. “Ini inisiatif dari pemerintah daerah, berdampak positif bagi masyarakat. Tapi mekanisme dan tujuan itu harus jelas, dana itu jangan sampai menjadi bagian produk kampanye, ujarnya.
Iwan menambahkan hal penting lainnya untuk menekan golput adalah dengan melakukan sosialisasi yang efektif sehingga masyarakat sadar bahwa suara mereka itu penting untuk menentukan nasib bangsa.
Sementara itu, Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu Anarulita Muchtar kurang setuju dengan adanya ‘upah’ dari Pemkot Bengkulu untuk mengurangi golput.
“Seharusnya masyarakat ditekankan agar tidak golput, karena pemilu merupakan acuan untuk lima tahun mendatang. Bukan dengan hadiah seperti ini, dan tidak ada money politic.” ucap Ana. Menurutnya, dana inibisa dialihkan ke hal lain yang lebih prioritas, masyarakat jangan dibiasakan dengan upah. Pemahaman politik masyarakat juga perlu ditingkatkan. (r4)