Grand Launching PLN BLITS Explore Indonesia, Dukung Riset Mobil Listrik

foto : GM PLN Distribusi Jatim coba mobil listrik karya ITS Surabaya

Surabaya,(DOC) – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bersama PT. PLN dan Universitas Budi Luhur menggelar grand lauching PLN BLITS Explore Indonesia di Gedung Riset Mobil Listrik ITS, kampus ITS Surabaya, Senin(30/7/2018) kemarin.
Acara yang dihadiri oleh Rektor ITS, General Manager PLN Distribusi Jawa Timur, Rektor Universitas Budi Luhur, pejabat Kementerian Kemaritiman, pejabat Pertamina Jawa Timur dan para tamu undangan, merupakan salah satu bentuk dukungan PLN untuk pengembangan riset mobil bertenaga listrik.
Dalam sambutannya, General Manager PT PLN Distribusi Jawa Timur, Bob Sarir menyatakan, PT PLN akan selalu mendukung permintaan listrik untuk mobil listrik di kota manapun.
Sejalan dengan pertumbuhan mobil listrik kedepan, PT PLN juga akan berkomitmen meningkatkan ketersediaan listrik dengan menggunakan energi baru terbarukan (EBT) yang ramah lingkungan.
“Sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan fosil sebagai energi listrik maka terobosan untuk pemanfaatan EBT khususnya mobil listrik akan sangat terasa manfaatnya pada kondisi saat ini yang mulai naik harga energi fosil setiap kilogram untuk dikonversi menjadi energi listrik,” ungkap Bob Sarir.
Pihaknya percaya dimasa yang akan datang, kendaraan listrik akan menjadi sarana transportasi utama dan menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia disetiap daerah.
Bob Sarir menambahkan, PT PLN berkomitmen untuk mendukung dunia akademik dalam melaksanakan riset pengembangan mobil listrik agar mampu diproduksi secara massal.
“Harapan PLN hasil riset ITS bisa bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dan nyata adanya,” tandasnya.
PLN sudah berencana menyiapkan Stasiun Penyedia Listrik Umum(SPLU) dimanapun dibutuhkan agar mobil listrik yang akan meramaikan transportasi massal di Indonesia tidak mengalami kesulitan dalam melakukan pengisian bahan bakar.
Diakhir sambutannya, Bob Sarir mengucapkan selamat kepada civitas akademika terutama ITS yang telah mewujudkan kendaraan ramah lingkungan yang mampu melaju 500 km nonstop tanpa recharge baterai.
“Semoga kita semua bisa memanfaatkan mobil buatan anak bangsa yang komponen-nya 100% dari dalam negeri,” pungkasnya.(hadi/r7)