Gunung Agung Status Awas, Penerbangan Surabaya-Bali Masih Normal

Surabaya, (DOC)-Meski Gunung Agung di Karangasem-Bali berstatus awas namun sampai saat ini belum berdampak signifikan terhadap sejumlah penerbangan rute Surabaya-Denpasar Bali.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA) Jawa Timur, Arifudinsyah, mengatakan, hingga detik ini kondisi Gunung Agung yang dinyatakan Awa masih belum berdampak pada sejumlah penerbangan dari Surabaya-Bali dan sebaliknya.

“Indikasi ini terlihat dari penjualan tiket pesawat di sejumlah agen Asita di surabaya, dimana sales tetap stabil tidak ada penurunan yang berarti.”ujarnya kepada wartawan di kantor Asita Jatim-Surabaya, Senin (25/09/2017).

Ia menjelaskan, animo masyarakat saat ini masih tetap ramai untuk wisata ke Bali, meski Gunung Agung dinyatakan ‘Awas’. Terutama disaat akhir pekan maupun long weekend, penjualan tiket pesawat dari Surabaya ke Bali naik 30% dibanding hari biasanya.

Meski demikian, kata Arifudinsyah, para agent travel sudah mulai mengantisipasi jika benar-benar Bali dinyatakan ditutup karena erupsi Gunung Agung, maka penjualan tiket pesawat maupun perjalanan wisata bisa dialihkan ke luar Bali. “Yah bisa ke Jogjakarta, Borobodur, Sulawesi maupun ke Jakarta.”ungkapnya.

Seperti diketahui, dua hari terakhir status Gunung Agung dinyatakan Awas, seiring
kontuinitas erupsi tektonik. Bahkan, ribuan warga di sekitar Karangasem-Bali sudah mulai diungsikan guna mengantisipasi letusan gunung tertinggi di Bali tersebut. (Trish)