Gunung Lokon Meletus, Abu Vulkanik Menyembur 2,5 Kilometer

 Featured, Peristiwa

Tomoho (DOC) – Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara meletus Senin (26/11) sekitar pukul 11.17 WITA. Gunung setinggi 1.579 meter itu mengeluarkan abu vulkanik setinggi 2,5 kilometer (km). Sebelumnya, gunung ini meletus pada Minggu 11 November lalu.

Ketua pos pemantau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Geologi (PVMBG), Farid Bina mengatakan, dentuman keras terdengar saat gunung tersebut meletus. Menurutnya, aktivitas gunung yang menandakan akan meletus sudah terlihat sejak semalam sebelumnya dengan kegempaan sismograf yang terus meningkat.

“Siang ini meletus supply energi juga masih bertambah. Hanya di khawatirkan jika terjadi letusan susulan. Tapi mudah-mudahan itu tidak terjadi” katanya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Utara, Hoyke Makarawung mengimbau warga tetap waspada dan tidak panik. Dia juga melarang warga untuk beraktivitas di zona larangan.

“Gunung Lokon masih berstatus siaga (level III). Warga dilarang untuk beraktivitas pada radius 2,5 km dari pusat kegiatan, kawah Tompaluan,” ujarnya.(sm/r3)