Guru Dimutasi, Ratusan Siswa SDN Kaliasin I Unjuk Rasa

Surabaya (DOC) – Siswa Sekolah Dasar Negeri Kaliasin I di Jl Gubernur Suryo Surabaya menggelar aksi unjuk rasa menuntut empat guru mereka tidak dipindahkan dari sekolah itu.
Sikitar 250 siswa SD tersebut bersama wali murid dan komite sekolah melakukan aksi di halaman sekolah.Aksi ini merupakan lanjutan dari mutasi ribuan guru negeri yang dilakukan Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Dalam aksinya, para siswa dan orang tua murid membawa berbagai poster berbagai poster diantaranya, ‘Kembalikan Guru Kami’ dan ‘Batalkan Mutasi’.

Para siswa dan wali murid juga meneriakkan yel-yel agar mutasi guru dibatalkan. “Batalkan…Batalkan…Batalkan Mutasi, Kembalikan Guru Kami,” teriak salah satu wali murid, Jumat (11/1/2013).

Salahsatu wali murid SDN tersebut mengaku bersama wali murid lainnya sengaja menggelar aksi mogok belajar karena khawatir dengan pemindahan empat orang guru anaknya dapat mengganggu proses belajar mengajar. “Kalau tahun ajaran baru silahkan entah diganti atau diapakan terserah. Ini kan dekat dengan ujian, takutnya anak-anak tidak mampu beradaptasi dengan guru baru,” katanya.

Unjuk rasa ratusan murid kelas 2, 3, dan 5 itu berakhir setelah mereka ditemui dan ditenangkan oleh Kepala sekolah SDN kaliasin I, Samsul Hadi. “Kualitas guru yang baru juga sama baiknya. Tidak perlu khawatir dapat mengganggu belajar-mengajar,” ujarnya. (R-6)

Foto : Tarusan siswa SDN Kaliasin I Surabaya unjuk rasa