Gus Ipul Ajak Umat Islam Pilih Travel Berpengalaman Untuk Haji

Surabaya (DOC)- Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf menegaskan, umat Islam yang akan menunaikan ibadah haji perlu memilih travel yang kredibel dan berpengalaman. Karena pengalaman itu mereka bisa memberikan rasa percaya kepada calon jamaah haji ketika berangkat dan pulang dari Tanah Suci.Menurut Gus Ipul pangggilan Saifullah Yusuf, dengan memilih agen travel yang kredibel dan berpengalman sanggup meminimalisir terjadinya penipuan kepada Calon jamaah haji yang akhir-akhir ini sering terjadi . Karena itu, Gus Ipul mengimbau agar jangan mudah percaya dengan promosi yang diberikan oleh agen travel.

“Ibadah haji membutuhkan uang dan waktu. Jadi kalau belum saatnya berangkat tentu belum bisa berangkat. Jangan tergoda penawaran dari agen travel yang memberikan harga khusus dengan jangka waktu pembernagkatan yang lebih cepat,” ujarnya, usai melaksanakan sholat Idul Adha dan penyerahan hewan qurban di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Jumat(26/10).

Lebih jauh Gus Ipul mewngimbau nantinya ada peraturan dari Kementerian  Agama (Kemenag) tentang adanya ijin kepada KBIH dan agen travel penyedia jasa haji lebih ketat guna meminimalisir penipuan.” Untuk travel dan KBIH yang nakal ijinnya akan dicabut, karena dampaknya adalah merugikan masyarakat,” tegasnya

Sementara pelaksanaan Sholat Idul Adha 1433 H Masjid Al Akbar diikuti oleh sekitar 60 ribu orang jamaah. Khotib Sholat Idul Adha adalah prof. Dr. H . Abdul Haris MA, sedangkan imamnya adalah H. abdul Hamid Abdullah, SH, MSi.

Jumlah perolehan hewan kurban adalah 78 kambing dan 29 sapi. Distribusi kurban terbagi menjadi dua, yakni penyerahan hewan hidup kepada yayasan sosial, panti asuhan, pondok pesantern dan masjid, sedangkan penyembelihan hewan kurban akan berlangsung esok harinya yakni pada tanggal 27 Oktober dengan target 2.000 bungkus daging kurban dan akan dibagikan kepada masyarakat sekitar Masjid Al Akbar. (R-12/R 6))

 

Foto : Gus Ipul Menyerahkan Sapi Qurban Milik Gubernur Jatim kepada Direktur MAS Sesaat Setelah Shalat Iedul Adha