Gus Ipul Sampaikan Ide Bikin Museum Sunan Ampel

Tidak ada komentar 81 views

Surabaya, (DOC) – Calon Gubernur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) memilih berziarah di Makam Sunan Ampel, Surabaya. Gus Ipul juga beribadah salat Dhuhur di Masjid Ampel dan mengunjungi Pasar Ampel.

Gus Ipul pun sempat diajak beberapa peziarah untuk berswafoto. Saat berkunjung ke lapak pedagang sekitar makam sunan Ampel, Gus Ipul pun berjanji untuk meningkatkan kunjungan ke Makam Sunan Ampel.

Gus Ipul menegaskan tekadnya untuk mendukung pembangunan Museum Ampel di sebelah Makam Sunan Ampel. Hal ini dianggapnya sangat menarik untuk generasi millennials. “Ke depan dipikirkan museum sunan ampel, wisata pendidikan yang mana ada anak-anak datang ke sini bisa tahu perjalanan sunan ampel, tahu perjalanan dakwahnya,” ujarnya, Selasa (6/3).

Gus Ipul menambahkan, sarana prasarana di Sunan Ampel harus ditambah. Pasalnya, dalam sehari ada tiga ribu wisatawan yang berkunjung. “Sehari tiga sampai lima ribu, haul sampai 10 ribu, dulu menghitung tiga jutaan dalam setahun itu minimal. Ini salah satu andalan jatim ke depan,” ungkap Gus Ipul.

Lebih lanjut, Gus Ipul membeberkan bahwa jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jawa Timur terus meningkat. Wisatawan mancanegara tahun lalu tercatat sebanyak 600 ribu. Adapun turis domestik mencapai 54 juta dalam setahun. “Yang banyak dikunjungi itu wisata religi. Di Jatim ada lima wali dan antusiasnya sangat menggeliat. Termasuk Sunan Ampel ini.” (nps)