D-ONENEWS.COM

Habib Rizieq Diperiksa Polda Jabar, Massa FPI Terlibat Aksi Dorong Dengan Petugas Kepolisian

massa_fpi_tegangBandung,(DOC) – Ketua Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Syihab diperiksa Polda Jawa Barat, Kamis(12/1/2017), ribuan massa FPI memadati Jalan Sukarno Hatta depan Mapolda Jabar.

Massa yang datang dari berbagai kabupaten/kota di Jabar ini, sempat terlibat aksi dorong dengan petugas kepolisian, saat Imam besar FPI Habib Rizieq Syihab diperiksa penyidik Polda Jawa Barat terkait kasus dugaan penodaan lambang dan dasar negara Pancasila.

Suasana tegang juga timbul akibat ratusan massa dari LSM Gerakan Masyarakat Bawaha Indonesia (GMBI) juga mengerahkan massa untuk menghadang massa FPI di depan gerbang Mapolda Jabar. Massa GMBI yang berseragam hitam nyaris bentrok dengan massa FPI yang berseragam putih. Situasi memanas, meski pihak kepolisian berusaha meredam bentrokan, hingga polisi memperketat pintu masuk. Terlihat, kurang lebih 500 aparat dari Brimob dan Sabara yang disiagakan.

Menurut data dari kepolisian, massa yang terlibat dalam aksi unjuk rasa sekitar 5.000 sampai 10.000 orang. “Kita siapkan penjagaan dengan 500 aparat dari Brimob dan Sabhara didepan pintu gerbang Mapolda Jabar,” kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus, Kamis(12/1/2017).

Situasi di jalan Bypass Soekarno Hatta macet total karena yang berada di depan Mapolda Jabar terus bertambah dan memadati dua ruas jalan utama tersebut. “Massa dari Ormas yang mengatasnamakan masyarakat Sunda terus berdatangan sejak pagi tadi, bergabung dengan massa dari FPI,” ungkap Kombes Pol Yusri

Dari pantauan ribuan massa dari 2 kubu ini saling berhadapan. Massa FPI berada di sisi kiri jalan dan massa 7 Ormas dari GMBI berada di sisi kanan jalan. Mereka datang dengan longmarch dan konvoi dengan kendaraan roda dua.

“Sisi kiri jalan massa yang pro FPI, yang ormas ini kontra. Jadi ada pro kontra,” cetusnya.(mi/r7)

Loading...