Hai Para Wanita, Kenali Gejala Kanker Payudara Stadium Awal Ini

gejala kanker payudara

Jakarta, (DOC) – Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang banyak menyerang wanita, setelah kanker serviks. Sel kanker ini tumbuh pada jaringan payudara, seperti pada saluran air susu, lobulus (tempat ASI dihasilkan), dan jaringan lemak di payudara.

Kanker payudara bisa berkembang karena banyak faktor, seperti keturunan atau juga bisa dari pola hidup. Berisiko atau tidak, sebaiknya Anda mengetahui apa saja tanda-tanda dari kanker payudara, sehingga Anda tidak terlambat mengetahuinya sebelum berkembang lebih serius.

Berikut ini merupakan tanda-tanda dari kanker payudara stadium 1.

  • Munculnya benjolan di payudara. Ini bisa menjadi tanda awal berkembangnya sel kanker dalam payudara. Benjolan ini bisa Anda rasakan bila Anda merabanya, biasanya mudah teraba saat Anda sedang menstruasi. Namun begitu, tidak semua benjolan di payudara merupakan kanker, ada juga yang bukan. Benjolan ini tidak selalu terasa sakit.
  • Warna kulit payudara berubah. Kadang, mungkin Anda menganggapnya sebagai infeksi, padahal perubahan warna kulit payudara merupakan tanda awal dari kanker payudara. Kulit payudara akan menjadi kemerahan, tekstur kulit seperti kulit jeruk, permukaan kulit daerah payudara yang terkena kanker terlihat seperti berlekuk-lekuk, dan terjadi penebalan kulit.
  • Puting terasa sakit. Tanda dari kanker payudara lainnya adalah adanya perubahan pada puting payudara disertai dengan rasa nyeri. Selain itu, puting juga bisa mengeluarkan cairan yang tidak normal atau puting melesak.
  • Muncul benjolan pada ketiak. Tidak hanya di payudara, benjolan juga bisa muncul di bawah ketiak. Hal ini karena jaringan payudara meluas sampai di bawah ketiak. Kanker dapat menyebar dari payudara ke bawah ketiak melalui kelenjar getah bening. (and)