Hajar Rayo Vallecano 6-0, Barca Aman di Posisi Puncak Liga

Barcelona,(DOC) – Barca tetap memimpin klasemen sementara La Liga Spanyol usai mengalahkan Rayo Vallecano 6-0 di Camp Nou, Minggu(16/2/2014) dini hari.
Gol kemenangan Balugrana diciptakan oleh Adriano, Lionel Messi, dua gol, Alexis Samchez, Pedro Rodriguez, dan Neymar.

Kemenangan 6-0 tersebut sukses membawa Barcelona memperebutkan kembali posisi puncak klasemen semantara dari Atletico Madrid. Los Rojiblancos sempat memimpin klasemen sementara selama dua jam setelah mengalahkan Real Valladolid 3-0 di Vicente Calderon.

Kini Barcelona memiliki perolehan 60 poin dari 24 pertandingan, namun hanya unggul selisih gol dari Atletico. Barcelona juga unggul tiga poin dari Real Madrid yang baru memainkan 23 pertandingan.

Barcelona memang pantas keluar sebagai pemenang atas Vallecano. Sebab, tim asuhann Gerardo Martino itu mendominasi pertandingan dengan 59 persen penguasaanbola. Selain itu, dari 21 peluang yang ada, 10 diantaranya adalah tendangan ke gawang. Sedangkan Vallecano hanya mencatat empat tendangan ke gawang.

Pesta gol Barcelona berawal ketika pertandingan baru berjalan dua menit. Menerima umpan dari Pedro, tendangan kaki kanan Adriano dari sisi kiri luar kotak penalti tidak mampu diamankan oleh kiper Vallecano, Ruben Martinez.

Namun, Barcelona membutuhkan waktu cukup lama untuk mendapatkan gol kedua. Baru pada menit ke-36, Messi membawa Barcelona unggul 2-0. Menerima umpan terobosan dari Cesc Fabregas, tendangan congkel Messi berhasil mengecoh kiper Martinez.

Babak kedua berjalan, Barcelona masih mendominasi. Ketika laga baru berjalan delapan menit stadion sudah kembali bergemuruh. Kali ini giliran Sanchez yang mencetak gol. Berawal dari serangan balik, umpan Messi berhasil dimaksimalkan dengan baik oleh striker asal Cile tersebut. 3-0 Barcelona menambah keunggulan.

Namun kedudukan 3-0 tak bertahan lama. Tiga menit kemudian, Pedro turut mencatumkan namannya di papan skor pertandingan. Menerima umpan dari Fabregas, tendangan kakikanan Pedro tidak bisa ditangkap kiper Martinez. Gol tersebut adalah gol ke-13 Pedro di La Liga musim ini.

Unggul 4-0, Barcelona belum puas. Menit ke-68, Messi mencetak gol keduanya pada laga tersebut. Kali ini gol Messi diciptakan usai menerima umpan dari Sanchez. Gol tersebut adalah gol ke-13 Messi di La Liga musim ini.

Dan, menjelang laga usai, pemain pengganti yang baru pulih dari cedera, Neymar sukses menutup pertandingan dengan skor keunggulan 6-0. Pada menit ke-89, menerima umpan cantik dari Andres Iniesta, sepakan kaki kanan Neymar tidak mampu diantisipasi oleh Martinez.(tp/r7)

Barcelona:
Valdes; Alves, Pique, Puyol (Mascherano 68′), Adriano; Fabregas, Busquets, Iniesta; Sanchez, Messi (Tello 74′), Pedro (Neymar 62′).

Vallecano:
Ruben; Saul, Arbilla (Tito 42′), Ze Castro, Mojica; Raul Baena, Trashorras; Rochina, Bueno (Viera 62′), Falque; Larrivey (Longo 73′).