Hanura Buka Peluang Masyarakat Jadi Caleg

Tidak ada komentar 200 views

Kuswanto.

Surabaya,(DOC) – Menghadapi Pemilu 2014, Partai Hanura melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan perolehan suara. Salah satunya mengikrarkan diri sebagai partai kadernya masyarakat.

Menurut Ketua DPW Hanura Jatim, Kuswanto, dengan mengikrarkan diri sebagai partai kadernya masyarakat, makanya pihaknya tidak merekrut kader secara khusus. “Sekali lagi, Hanura tidak sebagai partainya kader, melainkan kadernya masyarakat,” ujar Kuswanto.

Dikatakan, Hanura menjadi partai kadernya masyarakat, sudah bisa dilihat sejak 2009, dimana saat itu ada aspirasi masyarakat yang dititipkan ke Hanura. Pada Pemilu 2009 lalu, Hanura mendapatkan 82 kursi di Jatim. Ke depan, sudah tentu targetnya lebih dari 82 kursi.

“Hanura jadi partai terbuka. Jadi siapapun boleh jadi caleg Hanura, termasuk wartawan yang memiliki kemampuan. Terbukti dari kader kita yang masuk DPR RI, profesi wartawan mempunyai kemampuan luar biasa dan itu bisa dibuktikan komitmen dan kerjanya,” jelasnya.

Untuk itu, jika ada masyarakat yang ingin terlibat langsung dengan partai politik, ikut serta mengisi mengatur tata kelola pemerintahan, Partai Hanura memberikan kesempatan untuk menjadi calon legislatif (caleg). “Saya kira tidak ada salahnya kalau kemudian mereka diberikan informasi bahwa Hanura sudah mulai membuka pencalegan,” tandasnya.

Dari data caleg yang masuk, lanjut Kuswanto, banyak dari luar kader yang mendaftar. Misalnya, di Kota Surabaya ada sekitar 50 orang. Karena, pada prinsipnya awalnya mereka bukan kader.

“Demikian pula yang mendaftar sekarang sampai dengan saatnya pencalegan April 2013, saya kira cukup waktu 7 bulan untuk melakukan komunikasi kita dengan yang bersangkutan. Pada saatnya nanti mereka jadi kader,” tuturnya. (r12/r4)