D-ONENEWS.COM

Hardiknas 2018 Dijadikan Momentum Refleksi Perjuangan Pendidikan

foto : salah satu guru terima piagam di peringatan Hadiknas 2018 di Taman Surya, Nampak Wali kota Tri Rismaharini didampingi Wakil Wali kota Whisnu Sakti Buana bersama jajaran Forpimda berjabat tangan berikan ucapan selamat

Surabaya,(DOC) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para insan pengajar atas dedikasinya pada dunia pendidikan di Kota Surabaya. Penghargaan tersebut disampaikan langsung oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini saat menjadi inspektur upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 dan Hari Otonomi Daerah ke 22 di halaman Taman Surya, Rabu(2/5/2018).

Hadir dalam upacara peringatan Hardiknas dan Otoda tersebut, Wali Kota beserta Wakil Wali Kota dan Sekretaris Daerah bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Surabaya, Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kota Surabaya, para guru dan juga siswa-siswi se-Kota Pahlawan.

Dalam sambutannya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memberikan ucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para insan pendidikan di Surabaya. Dirinya juga menjelaskan kepada para guru bahwa anak-anak di Surabaya kedepan akan bersaing dengan anak-anak di seluruh dunia. Menurutnya, pada tahun 2040 keterbukaan dunia global sudah tidak bisa dihalangi dan dicegah. Karena itu, dirinya berharap agar para insan pendidik mengajarkan kepada para pelajar untuk mau belajar dengan tekun serta mandiri untuk tidak tergantung kepada siapapun.

“Mari kita ajarkan anak-anak kita belajar dengan rajin dan tekun. Kita harus menyiapkan mereka agar bisa sejajar dengan anak-anak lain di seluruh dunia,” kata Wali Kota Risma, saat memberikan sambutan dalam peringatan Hardiknas dan Otoda yang berlangsung di Taman Surya, Rabu(2/5/2018).

Wali Kota Risma juga memberikan motivasi kepada siswa-siswi di Surabaya tentang pentingnya memiliki tekad kuat untuk meraih cita-cita yang diimpikan. Menurut dia, sebuah keterbatasan bukanlah hambatan dalam meraih cita-cita. Dirinya pun lantas mencontohkan dahulu para pejuang kemerdekaan dengan keterbatasan alat namun mampu mengusir para penjajah. Maka dari itu, ia berharap juga kepada anak-anak Surabaya agar meniru para pejuang dengan tidak mengenal kata menyerah untuk mencapai suatu keberhasilan.

“Asal kalian belajar dengan keras, asal kalian tidak malu untuk bertanya. Kalian tidak usah takut, keberhasilan dan kesuksesan akan berada ditangan kalian semuanya,” ujar wali kota sarat akan prestasi ini.

Kunci utama sebuah keberhasilan dan kesuksesan yakni, kata dia, melalui cara belajar dengan rajin dan tekun. Wali kota perempuan pertama di Surabaya ini juga menegaskan bahwa yang dibutuhkan oleh Bangsa dan Negara ini adalah tidak pernah menyerah. “Ayo terus pupuk semangat api kalian untuk terus belajar. Karena keberhasilan dan kesuksesan kalian adalah kesuksesan bangsa ini,” pesan Wali Kota Risma.

Dalam pidato sebelumnya, Wali Kota Risma membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI pada peringatan Hardiknas 2018. Beberapa poin penting dari pidato Mendikbud yakni, menjadikan Hari Pendidikan Nasional sebagai momentum untuk melakukan muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah di perjuangkan di bidang pendidikan.

Pada Hari Pendidikan Nasional 2018, pemerintah mengajak semua guru, orang tua, dan masyarakat untuk menjadi sumber kekuatan untuk memperbaiki kinerja dunia pendidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi anak-anak Indonesia. Tripusat pendidikan itu harus secara simultan menjadi lahan subur tempat persemaian nilai-nilai religius, kejujuran, kerja keras, gotong-royong, dan seterusnya bagi para penerus kedaulatan dan kemajuan bangsa. Hal ini, selaras dengan tema Hardiknas tahun 2018 yakni “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Seusai upacara peringatan Hardiknas dan Otoda tersebut, Pemkot Surabaya kembali memberikan penghargaan kepada para insan pendidikan yang berprestasi. Ada 14 penghargaan yang diberikan. Disambung dengan launching Lomba Kampung Pendidikan tahun 2018. Peresmian acara tersebut dilakukan oleh Wali Kota Surabaya beserta Kapolrestabes Surabaya dan Forpimda dengan memainkan angklung sebagai bentuk simbolik dibukanya Kampung Pendidikan 2018.(hm/r7)

 

Loading...