Harga Kebutuhan Pokok Mulai Naik

Tidak ada komentar 155 views

Surabaya, (DOC) – Kenaikan harga barang dan kebutuhan pangan di awal tahun ini kian terasa. Tidak hanya komoditas hortikultura dan beras saja yang mengalami kenaikan, harga daging sapi, bahkan harga elpiji tiga kilogram juga ikut terkerek.

Dari pantauan di lapangan, beberapa bahan kebutuhan, seperti ikan, sayur sayuran, dan beras saat ini telah mengalami kenaikan yang bervariasi. Untuk komoditas beras, kenaikannya dikisaran 2%, kenaikan ikan bisa sampai 30% untuk jenis ikan tertentu. Sementara harga daging sapi di pasar Surabaya sudah mencapai Rp90.000 per kilogram.

Harga elpiji tiga kilogram juga ikut naik sebesar Rp500 per tabung, dari harga sebelumnya Rp13.500 menjadi Rp14.000 per tabung. Hanya gula saja yang justru cenderung turun karena masih banyaknya stok yang ada, mencapai 200.000 ton hingga 300.000 ton.

Menurut Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim, Arifin T Hariadi bahwa kenaikan ini sepenuhnya dipicu oleh musim, bukan karena kenaikan berbagai variable ekonomi seperti tarif listrik dan bukan karena minimnya suplai.

“Ini murni karena musim, kalau kenaikan TDL dan lainnya, diperkirakan akan terasa pada Maret mendatang,” katanya di Surabaya, Jumat (8/2/2013).

Kenaikan komoditas hortikultura misalnya, diakibatkan oleh musim penghujan yang menyebabkan barang banyak yang rusak atau busuk, sehingga harga menanjak naik. Sementara kenaikan juga terjadi akibat masih berlangsungnya musim penghujan dan angin yang menyebabkan nelayan enggan melaut sehingga suplai ikan berkurang.

“Sementara kenaikan beras karena saat ini masuk musim tanam, sudah tidak ada lagi panen dan stok di petani juga mulai menipis. Sedangkan kenaikan harga daging sapi dipicu oleh isu keterbatasan pasokan,” pungkasnya. (k8/r4)