D-ONENEWS.COM

Harga Seragam SMP 1.6 Juta, Wali Murid Bayar Tak Diberi Kwitansi

Foto : Gedung Sekolah SMPN 26, Banjar Sugihan Surabaya

Surabaya,(DOC) – Pendidikan murah yang tengah di gambar-gemborkan oleh Pemkot Surabaya sedikit tercoreng dengan kebijakan sekolah di SMP Negeri 26, Banjar Sugihan.
Sejumlah wali murid baru di SMP Negeri 26, mengeluhkan dengan tingginya biaya seragam sekolah yang dipatok sebesar Rp.1.6 juta per-siswa, untuk 4 helai seragam biru putih.
Bukan hanya itu, kwalitas bahan seragam yang disediakan oleh pihak sekolah – pun, juga dianggap dibawah standard.
“Harganya sangat tinggi, jauh lebih mahal dengan harga pasaran. Kwalitas seragam itu kok tak sebanding dengan harganya, padahal kalau dipasaran harga satu stel seragam cuma Rp.180 ribu saja. Ini di sekolah bisa naik sampai Rp.400 ribu per-helai,” keluh salah satu Wali Murid yang takut namanya di publikasikan.
Anehnya lagi, lanjut wali murid tersebut, saat dirinya membayar seragam itu dengan harga Rp.1.6 juta, pihak sekolah tidak bersedia mengeluarkan kwitansi pembayaran.
“Saya membayarnya kepada salah satu guru SMP Negeri 26 dan tidak diberi bukti pembayaran. Lalu saya tanya, kemudian di jawab, kalau pihak sekolah tidak membuatkan kwitansi, alasanya gak perlu,” ungkapnya.
Sementara itu, Anggota Komisi D DPRD kota Surabaya, Dyah Katarina menyatakan siap menindaklanjuti keluhan wali murid siswa SMP Negeri 26. Rencananya dalam minggu ini, komisi D akan mengklarifikasi persoalan itu ke pihak sekolah.
“Saya sudah koordinasi dengan Bu Ketua Komisi, Akan lebih elok kalo kami konfirmasi dulu ke pihak sekolah atas info ini,” ungkap Dyah via selulernya, Selasa(1/8/2017).
Ia menyarankan kepada seluruh wali murid agar selalu meminta bukti pembayaran atas semua transaksi di sekolah. Apalagi, lanjut Dyah, jika ada unsure paksaan dan intimidasi dari pihak sekolah terhadap anak didiknya.
“Setiap transaksi sebaiknya ada bukti, sehingga kalau nanti ada pengaduan bisa dijadikan dasar. Sebenarnya seragam biru putih bisa beli di luar sekolah, kecuali batik dan seragam olahraga yang berciri sekolah,” pungkasnya.(r7)

Loading...

baca juga