Harga Tembakau Terus Merosot

Tidak ada komentar 159 views

Sampang,(DOC) – Para pedagang tembakau di kabupaten Sampang Madura mengeluh dengan harga tembakau yang sangat murah. Perkilonya, hanya dihargai Rp 25 ribu sampai Rp 35 ribu, akibatnya puluhan pedagang tembakau terancam gulung tikar.
Mereka mengaku mengalami kerugian puluhan juta rupiah, karena harga beli tembakau ke petani dipatok Rp 40 ribu perkilo, sedang harga jual ke pabrik hanya laku Rp 25 ribu perkilonya.

“Selain rugi dari harga jualan, kami juga rugi biaya transportasi,” ungkap Pak Mat Pedagang tembakau asal Desa Tanggumong Kecamatan Kota Sampang, Senin (28/10/2013).

Ia juga mengatakan, merosotnya harga jual ini, juga diimbangi dengan sulitnya pemasaran yang membuat pusing para pedagang, meski kwalitas tembakau di Sampang terbilang baik.
“Pengalaman saya berkecimpung di dunia tembakau, Sampang adalah penghasil tembakau yang lumayan bagus,” tandasnya.
Sebagian sumber media lokal menyebutkan, diperkirakan harga tembakau akan terus merosot, apalagi stock gudang tembakau perusahaan rokok kini sudah tercukupi suplai dari luar. Bukan saja para pedagang tembakau yang akan gulung tikar, tapi juga petani tembakau yang terancam beralih profesi karena sulitnya pemasaran.(bj/r7)