Hari Ini SBY Lantik Sultan-Paku Alam

Tidak ada komentar 181 views

Surabaya, (DOC) – Hari ini, Rabu (10/10/2012) Sri Sultan HB X, dilantik menjadi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pelantikan yang dilakukan Presiden SBY di Istana Negara Gedung Agung Yogyakarta juga akan melantik Sri Paduka Paku Alam IX sebagai Wakil Gubernur DIY.
Pelantikan secara khusus itu juga merujuk Peraturan Pemerintah (PP) nomor 78 sebagai implikasi lahirnya UU 13/2012 tentang Keistimewaan DIY. “PP Khusus untuk DIY yang mengatur proses pelantikan dengan mempergunakan undang-undang protokoler kepresidenan,” ujar Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Djohermansyah Djohan.
PP yang dikeluarkan pada 5 Oktober 2012, akan menjadi dasar pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY setiap lima tahun sekali. Menurut Djohan, pelantikan gubernur dan wakil gubernur DIY mempergunakan UU keprotokolan kepresidenan lantaran dasar hukumnya tidak memakai UU 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah, layaknya kepala daerah lainnya.
Soal dipilihnya Istana Negara Gedung Agung menjadi lokasi pelantikan, bukan di Siti Hinggil Keraton Yogyakarta seperti rencana semula, karena mempertimbangkan aspek keamanan. (R8/KDN)