HASIL PEMERIKSAAN KESEHATAN: KEDUA BACALON GUBERNUR & WAKIL GUBERNUR JATIM DINYATAKAN MEMENUHI SYARAT

Ketua KPU Jawa Timur, Eko Sasmito Menyampaikan dan Membacakan Berita Acara Hasil Pemeriksaan Kesehatan Bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018 (17/01/2018)

Surabaya, kpujatim.go.id– Dua bakal pasangan calon (Bacalon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto dan Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno dinyatakan memenuhi syarat dalam hasil pemeriksaan kesehatan. Dari hasil yang disampaikan Tim Pemeriksa Kesehatan, selain memenuhi syarat, keduanya juga dinyatakan mampu secara jasmani dan rohani.

Pernyataan itu didasari dari Berita Acara Tim Pemeriksa Kesehatan yang disampaikan dan dibacakan langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Jatim (KPU Jatim), Eko Sasmito, dalam rapat pleno terbuka penyampaian hasil penelitian dokumen syarat pencalonan dan syarat calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018 di aula lantai II kantor KPU Jatim, Rabu (17/1).

“Kedua bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, dinyatakan memenuhi syarat dan mampu secara jasmani dan rohani serta bebas dari penyalahgunaan narkoba dan psikotropika,” ujar Eko.

Dia menyatakan, hasil pemeriksaan kesehatan sudah disampaikan oleh tim dokter pada hari Selasa (16/1) kemarin. Di dalam Tim Pemeriksa Kesehatan sendiri cukup lengkap, karena di dalamnya terdiri dari sejumlah unsur antara lain para dokter, anggota dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jatim, Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur.

Tidak hanya itu, menurut Eko, hasil pemeriksaan kesehatan kedua Bacalon juga disampaikan kepada tim dari Bacalon masing-masing. Harapannya, terkait hasil pemeriksaan kesehatan sudah tidak ada lagi persoalan karena kedua Bacalon dari hasil tim pemeriksaan tim kesehatan sudah dinyatakan memenuhi syarat.

“Selanjutnya, untuk dokumen dari hasil pemeriksaan kesehatan Kami sampaikan kepada Bacalon atau yang mewakili, Tim Pemenangan hari ini juga,” pungkasnya.

Perlu diketahui, dalam Rapat Pleno Terbuka penyampaian hasil penelitian dokumen syarat pencalonan dan syarat calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018, selain dihadiri Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito, juga dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU Jatim. Yakni Muhammad Arbayanto (Divisi Teknis), Gogot Cahyo Baskoro (Divisi SDM dan Parmas), Choirul Anam (Divisi Perencanaan dan Data) dan Dewita Hayu Shinta (Divisi Umum, Keuangan dan Logistik).

Selain itu, hadir pula Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jatim Aang Kunaifi beserta lima orang staf. Dalam rapat pleno terbuka, juga dihadiri oleh Roziqi selaku Ketua Tim Pemenangan Khofifah – Emil, sedangkan dari pihak Saifullah Yusuf – Puti diwakili oleh M. Wahyu Hakim selaku Tim Penghubung.

Tim Pemenangan dari Masing-Masing Bacalon dan Media Hadiri Rapat Pleno Terbuka

(MC – LNC/BIB/TUNG/BAY)

KPU Jatim